Sponsors Link

Seni Drama Ketoprak dari Jawa Timur dan Penjelasannya

Bagi sobat yang lahir dan besar serta bertempat tinggal di wilayah pulau Jawa bagian timur, alias Jawa Timur, pastinya sobat sudah banyak yang mengenal mengenai kesenian-kesenian yang berasal dari daerah Jawa Timur.

ads

Salah satu kesenian tersebut adalah seni drama kethoprak. Mungkin bagi masyarakat yang tinggal di luar wilayahJawa Timur dan yang masih awam mengenai kesenian asli Jawa Timur, masih banyak yang belum tahu apa sih sebenarnya seni drama kethoprak dari Jawa Timur ini?

Nah, bagi sobat yang penasaran dan ingin mengetahui lebih jelas mengenai seni drama ini, maka sobat tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai seni drama kethoprak dari Jawa Timur. adat istiadat jawa timur upacara kerapan sapi bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Jawa Timur adalah sebuah provinsi yang memiliki luas wilayah sekitar 47.992 km² dengan jumlah penduduknya yang mencapai sekitar 42.030.633 jiwa saat di sensus pada tahun 2017 yang lalu.

Bahkan provinsi ini memiliki wilayah paling luas diantara 6 provinsi yang ada di pulau Jawa dan memiliki total penduduk terbanyak nomor dua setelah Jawa Barat di Indonesia.

Dengan angka-angka tersebut, tentunya Jawa Timur sangat kaya atau begitu melimpah dengan tradisi dan kebudayaan yang berkembang di wilayahnya.

Salah satu kesenian atau kebudayaan yang ada di Jawa Timur adalah seni drama kethoprak. Lantas, apa saja yang berkaitan dengan seni drama dari Jawa Timur ini? Berikut adalah sedikit ulasan mengenai seni drama kethoprak dari Jawa Timur, antara lain:

  • Pengertian kethoprak

Seni drama kethoprak dari Jawa Timur adalah sejenis seni pentas drama tradisional yang diyakini berasal dari Surakarta namun, juga berkembang pesat di wilayah pulau jawa terutama Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Pada awal mukanya, seni drama kethoprak ini menggunakaniringan lesung (sebuah tempat untuk menumbuk padi) yang dipukul secara berirama sebagai pembuka pertunjukan atau acara, kemudian juga digunakan sebagai iringan saat pergantian adegan, dan penutup pertunjukan sehingga dikenal atau di sebut dengan kethoprak lesung. tokoh populer wayang kulit bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Namun, saat ini seni drama kethoprak telah berkembang pesat sehingga banyak sekali kethoprak yang sudah diiringi gamelan dan juga  saat ini seni drama kethoprak telah memiliki banyak jenis.

Jenis-jenis kethoprak yang berkembang di lingkungan masyarakat yaitu meliputi kethoprak lesung (seni kethoprak yang diiringi dengan lesung), kethoprakMataram (seni kethoprak yang diiringi gamelan) dan kethoprak dor (sebuah hiburan masyarakat Jawa deli di Sumatera bagian timur)

  • Memiliki tema cerita yang bermacam-macam

Seni drama kethoprak dari Jawa Timur, adalah seni drama tradisional yang dapat menampilkan berbagai jenis tema cerita. Sehingga tidak akan membuat penontonnya merasa bosan dengan jenis cerita yang itu-itu saja.

Tema cerita dalam seni drama kethoprak biasanya dapat diambil dari cerita legenda atau sejarah Jawa dan juga ada juga cerita fiksinya. Selain itu, tema cerita seni drama kethoprak juga banyak mengambil dari atau bersettingcerita luar negeri (yang terkenal adalah cerita sampek engtay). Tetapi tema cerita karang mengambil dari repertoar cerita epos seperti Ramayana dan Mahabharata.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai seni drama kethoprak dari Jawa Timur yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini.


Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat.

Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya