Sponsors Link

Seni Drama Ludruk dari Jawa Timur dan Penjelasannya

Bagi sobat yang lahir dan besar serta bertempat tinggal di wilayah pulau Jawa bagian wetan, alias Jawa Timur, mungkin sobat sudah banyak yang mengetahui mengenai macam-macam adat istiadat serta kebudayaan bahkan kesenian-kesenian yang ada di wilayah Jawa Timur tersebut.

ads

Salah satu kesenian yang ada di wilayah Jawa Timur yang sangat populer hingga saat ini adalah ludruk. Namun, bagi masyarakat yang masih awam dan tidak pernah melihat secara langsung pertunjukan seni drama ludruk ini pastinya penasaran, apa sih sebenarnya seni ludruk dari Jawa Timur ini?

Nah, bagi sobat yang ingin mengetahui lebih banyak mengenai seni drama ludruk ini, maka sobat tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai seni drama ludruk dari Jawa Timur. seni drama ketoprak dari jawa timur bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Jawa Timur adalah sebuah provinsi yang memiliki luas wilayah sekitar 47.992 km² dengan jumlah penduduknya yang mencapai sekitar 42.030.633 jiwa saat di sensus pada tahun 2017 yang lalu.

Bahkan provinsi yang satu ini memiliki wilayah yang paling luas diantara 6 provinsi yang ada di pulau Jawa dan memiliki total penduduk terbanyak nomor dua setelah Jawa Barat di Indonesia. Dengan angka-angka tersebut, tentunya membuat Jawa Timur memiliki tradisi dan budaya yang begitu melimpah.

Salah satu contoh budaya daerah dan tradisi yang ada di Jawa Timur adalah seni drama ludruk. Lantas, seperti apa sih seni drama ludruk in? Berikut saya telah merangkum sedikit ulasan mengenai seni drama ludruk dari Jawa Timur, antara lain:

  • Pengertian ludruk Jawa Timur

Seni drama ludruk dari Jawa timur adalah suatu kesenian drama tradisional dari Jawa Timur yang dalam pertunjukannya di peragakan oleh sebuah grup kesenian yang dipergelarkan di sebuah panggung dengan mengambil cerita tentang kehidupan rakyat sehari-hari, cerita perjuangan dan sebagainya.

Selain itu seni drama ludruk dari Jawa Timur ini juga biasanya di selingi dengan lawakan dan diiringi dengan gamelan sebagai musiknya. Jadi, seni drama ludruk sangat mirip sekali dengan seni drama kethoprak yang berasal dari Surakartadimana saat ini sudah berkembang atau tersebar di pulau Jawa.

Perbedaannyaadalahseni drama ludruk adalah seni drama asli yang berasal dari Jawa Timur sedangkan kethoprak adalah seni drama yang berasal dari Surakarta yang telah menyebar di pulau Jawa.

  • Karakter pertunjukan

Seni drama ludruk dari Jawa Timur menggunakan dialog atau monolog yang bersifat menghibur sehingga kerap membuat penontonnya tertawa. Selain itu, Seni drama ludruk juga menggunakan bahasa asli Surabaya, meski kadang-kadang ada bintang tamu dari daerah lain seperti Jombang, Malang, Madura, Madiun, dengan logat yang berbeda.

Bahasa lugas yang digunakan pada ludruk membuat cerita ludruk mudah di serap atau dipahami oleh masyarakat nonintelekseperti tukang becak, peronda, sopir angkutan umum dan lain-lain.

Perlu sobat ketahui bahwa, sebuah pementasan ludruk biasanya di mulai dengan tari Remo dan diselingi oleh pementasan seorang tokoh yang memerankan “Pak Sakera”, yaitu seorang jagoan dari Madura.

Nah, demikianlah sedikit ulasan mengenai seni drama ludruk dari Jawa Timur yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini.


Terima kasih karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel yang saya buat selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya