Sponsors Link

Seni Musikalisasi Puisi

Sewaktu duduk dibangku sekolah tentunya sobat semua pernah membaca atau bahkan memperagakan pada saat baca puisi dan memahami perbedaan seni puisi lama dan modern. Puisi ini merupakan salah satu karya seni yang tergolong banyak diminati oleh berbagai kalangan.  Puisi itu sendiri merupakan

ads

suatu jenis seni karya sastra yang memperhatikan pilihan kata dan juga kepaduan bunyi. Sebuah puisi, jika dibawakan atau dibacakan dengan indah dan intonasi yang tepat, serta dilakukan dengan penghayatan maka akan membawakan sebuah karya seni yang menarik.

Penggunaan bahasa dalam puisi itu sendiri menggunakan makna-makna simbolis, sehingga tidak jarang terjadi penafsiran dan makna-makna yang berbeda dalam memaknai sebuah puisi tersebut. Puisi itu sendiri dapat mengekspresikan emosi yakni peran dan fungsi kritik sastra,

suasana hati,, rasa pesona, kagum, keresahan, kegelisahan, dan juga suasana hati. Dengan adanya puisi tersebut, maka seseorang bisa saja akan lebih terbawa lebih dalam lewat puisi tersebut. Berbicara mengenai puisi tersebut sobat,

sekarang ini sudah banyak ynag dikembangkan menjadi sebuah musikalisasi puisi sebagai contoh seni sastra di Indonesia. Nah sobat untuk ulasan selengkapnya mengenai Seni Musikalisasi Puisi tersebut, yuk langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

1. Apa Itu Seni Musikalisasi Puisi ?

Adapun musikalisasi puisi tersebut merupakan puisi yang dibawakan dengan cara dinyanyikan oleh seseorang dalam pembawaannya, sehingga orang yang mendengarnya yang tadnya kurang paham bisa menjadi paham yang tidak bisa menggambarkan sebuah isi puisi atau puisi tersebut secara keseluruhan. Dalam seni musikalisasi puisi ini, maka akan dikombinasikan dengan kolaborasi antara sastra dan musik.

Namun musikalisasi puisi tersebut tidak hanya membuat sebuah lagu atau musik dari puisi tersebut, namun dilengkapi dengan teori dan teknik sehingga kolaborasi tersebut lebih jelas dan lebih dalam pengertinnya bagi orang yang mendengarnya.

2. Apa Manfaat Musikalisasi Puisi Tersebut ?

Adapun beberapa manfaat dari musikalisasi puisi tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Musikalisasi puisi tersebut bisa mengunggah perasaan pembawa dan pendengarnya secara lebih dalam
  • Musikalisasi puisi bisa membangkitkan imajinasi apa yang tertuang dalam bait puisi tersebut.
  • Musikalisasi puisi bisa mendorong orang lebih mampu berfikir dan juga menggerakkan pikirannya.
  • Musikalisasi puisi bisa membuat orang merasa terhibur dan juga senang karena kolaborasi antara musik dan juga kata-kata dalam puisi tersbeut.

Itulah sobat beberapa manfaat dari musikalisasi puisi tersebut, sehingag musikalisasi puisi ini menjadi sebuah seni karya yang cukuo diminati oleh banyak orang.

3. Cara Musikalisasi Puisi Yang Baik dan Benar

Dalam membaut musikalisasi puisi tentunya dibutuhkan cara yang baik dan benar agar tujuan dari musikalisasi puisi tersebt bisa tersanpaikan. Berikut adalah cara musiklasasi yang baik dan benar tersebut.

  • Tentukan puisi yang akan dimusikalisasikan
  • Setelah ditentukan, kini apresiasikan puisi yang telah anda apresiasikan tersebut. Adapun mengapresiasikan puisi maksudnya adalah mencermati puisi secara sungguh-sungguh sebuah puisi tersebut
Sponsors Link

  • sehingga tumbuh pengertian, penghargaan, kepekaan pikiran kritis dan juga kepekaan perasaan yang baik terhadap suatu hasil karya cipta.
  • Memerhatikan kesusastraan isi puisi dengan suasana yang dibangun
  • Menentukan alat musik yang digunankan untuk mengiring musikalisasi tersebut.
  • Mentukan notasi nada yang digunakan. Pada umumnya notasi yang digunakan adalah notasi balok.

Itulah sobat ulasan mengenai seni musikalisasi puisi yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Salam.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Budaya
Search

Artikel Terbaru

Recent