Sponsors Link

Alat Musik Tradisional Lombok dan Penjelasannya

Pulau lombok,adalah pulau yang memiliki keindahan alam yang begitu istimewa,sama hal nya dengan pulau Bali. Pulau lombok memiliki pantai-pantai yang indah nan eksotik. Apabila kita berkunjung ke sana tentunya mata kita akan dimanjakan dengan keindahan alam nya serta memiliki unsur unsur musik yang indah.

ads

Tidak hanya dengan keindahan alam nya saja yang begitu memanjakan mata,di lombok juga kaya akan kesenian,salah satu nya yaitu alat musik.Bagi kamu yang belum tahu apa saja sih alat musik yang berasal dari pulau lombok ini,yuk kita simak sama-sama penjelasannya.

1. Mandolin

Alat musik mandolin ini dimainkan sama seperti memainkan biola yaitu dengan cara dipetik,mandolin juga mempunyai senar. Alat musik mandolin ini sering digunakan untuk mengiringi lagu-lagu tradisional dan juga kesenian tari rudat. Dalam mengiringi lagu-lagu tradisional,alat musik mandolin ini juga diiringi dengan alat musik yang lainnya sebagai perbedaan seni dan keindahan estetika.

2. Gengong

Gengong merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup,alat musik gengong ini terbuat dari pelepah daun enau.Alat musik gengong ini dimainkan dengan berpasang-pasangan,terdiri dari suara tinggi (genggong lanang) dan suara rendah (genggong wadon).

Apabila secara orkestra gengong ini dimainkan dengan alat musik yang lainnya yakni seni musik tradisional seperti rincik,petuq,seruling dan lain-lain.Orkestra tradisional lombok ini cenderung dengan suara lemah.Apabila ada gerhana bulan,alat musik gengong ini suka dimainkan.

Meong begarang,gending kacang goreng,entun taek gunung,papar paoq,kanak besiaq,bebalu ngadang dan lain-lain adalah lagu yang dimainkan dengan menggunakan alat musik gengong. Untuk alat musik yang digunakan sebagai pengiring genggong yaitu :

sebuah suling genggong,tiga genggong yang fungsinya untuk pembawa akord,rincik dan gong genggong,dan juga petuk genggong.Terbuat dari bambu yang senua ukuran nya serba kecil,dengan ukuran panjang 315 mm,dan garis tengah nya 65 mm.Awal mula alat musik genggong ini berasal dari Desa Barejulat,Jonggat,Lombok Tengah.

3. Slober

Alat musik slober ini merupakan alat musik tradisional khas lombok yang usia nya terbilang sudah cukup tua.Alat musik slober ini terbuat dari pelepah daun enau,alat musik ini termasuk dalam alat musik yang sederhana dan juga unik.,ukuran slober ini yaitu panjang 1 jengkal dan lebar nya 3 cm.

Petuk,gendang,rincik,seruling dan gambus adalah alat musik yang digunakan sebagai pendukung alat musik slober ini.Awal mula adanya alat musik slober ini yaitu berawal dari salah satu nama seorang warga desa yaitu Amaq Asih alias Amaq Slober.Alat musik slober sampai saat ini masih suka digunakan,terutama pada saat malam bulan purnama.

4. Semprong

Suku sasak adalah suku mayoritas yang menghuni di pulau lombok.Kesenian alat musik semprong adalah alat musik yang keberadaannya sudah hampir punah. Mungkin banyak yang tidak tahu apa sih alat musik semprong itu.Alat yang digunakan alat musik semprong ini yaitu bambu,yang hampir sama dengan alat musik yang berasal dari suku Iduridu yaitu suku Aborigin yang ada di Australia.

Suling,semprong dan pengkelek hujan adalah tiga alat musik utama yang digunakan.Jensi alat musik yang digunakan ada dua,yaitu yang berukuran besar dan yang berukuran kecil.Untuk semprong yang berukuran besar dengan ukuran lebih dari satu meter terbuat dari bambu sentul yang mempunyai buku panjang,

sedangkan untuk semprong yang mempunyai ukuran kecil terbuat dari kayu selelo dengan ukuran 80cm.Kemudian bambu tersebut dibentuk seperti terompet. Mengapa bambu yang digunakan adalah jenis bambu betung dan selelo,karena jenis bambu tersebut yang bisa menghasilkan nada yang baik.

5. Rebana Budrah

Rebana budrah ini adalah alat musik yang merupakan perpaduan antara alat musik suku sasak dan bangsa Arab.Kebudayaan yang berasal dari lombok ini merupakan kesenian yang identik dengan budaya islam,karena sebagian besar masyarakat beragama Islam.


Apabila kamu berkunjung ke Lombok kamu bisa menjumpai jenis alat musik ini.Bahan pembuatan dari alat musik rebana budrah ini yaitu kulit dan kayu,akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman,alat musik ini ditambah dengan rincik,kenceng (instrumen besi).Untuk jumlah dalam instrumen rebana ini tidak sama,ada juga yang memiliki 12 buah.

Demikian yang dapat disampaikan penulis, semoga bermanfaat, Terima kasih.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Musik