Sponsors Link

Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Dan Penjelasannya Terlengkap

Seni rupa merupakan salah satu dari cabang cabang seni yang dapat diartikan sebagai sebuah penciptaan karya dengan mamadukan dan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, warna, tekstur, pencahayaan melalui acuan estetika yang dapat dinikmati oleh mata dan dirasakan melalui rabaan. Dalam perkembangan seni rupa kita dapat mengenalnya melalu dua pembagian yang umum yakni seni rupa 2 dimensi dan seni rupa 3 dimensi.

ads

Perbedaan seni rupa 2 dimensi dan 3 dimensi terletak pada wujud dan arah penglihatannya. Seni rupa 3 dimensi memiliku 3 ukuran panjang, lebar, dan tinggi serta dapat dinikmati dari segala arah. Sedangkan seni rupa 2 dimensi hanya memiliki 2 unsur ukuran yakni panjang dan lebar sehingga karyannya hanya dapat dilihat dari satu arah depan saja.

Dalam blog ilmuseni.com ini, kita telah mengenal berbagai karya seni rupa 2 dimensi yang dapat ditemui pada berbagai tempat di kehidupan masyarakat. Sedangkan pada artikel ini, kita akan lebih membahas contoh seni rupa 3 dimensi dan penjelasannya agar bisa membantu dalam memahami salah saru cabang seni rupa ini. Berikut adalah contoh hasil karya seni rupa 3 dimensi yang terkenal di indonesia

Candi Borobudur

Borobudur merupakan sebuah candi yang terletak di provinsi Jawa Tengah tepatnya di kota magelang. Candi Borobudur sampai saat ini merupakan salah satu objek wisata wajib bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang sedang berkunjung ke Yogyakarta. Meskipun lokasi candi tidak berada di wilayah Yogyakarta namun objek wisata satu ini sudah menjadi satu bagian dengan rute wisata kota gudeng tersebut karena lokasinya yang tidak jauh dari kota Yogyakarta.

Candi borobudur merupakan salah satu contoh karya seni rupa 3 dimensi yang kompleks. Candi budha yang dibangun sekitar abad ke 8 masehi pada saat pemerintahan wangsa syailendra tersebut disebut sebagai karya seni rupa yang kompleks karena didalam struktur bangunan candi borobudur terdapat berbagai bagian karya seni rupa dari berbagai jenis yang menyatu menjadi satu kesatuan.

Berbagai jenis karya seni rupa 3 dimensi yang terkandung didalam candi borobudur antara lain karya seni patung, karya seni relief, karya seni arsitektur, karya seni kriya serta karya seni sastra yang bukan termasuk bagian dari seni rupa. Candi borobudur merupakan karya seni rupa 3 dimensi yang menjadi warisan budaya asli indonesia dan telah berkembang menjadi seni budaya yang dikenal turun temurun dari berbagai generasi.

Patung Garuda Wisnu Kencana

Karya seni rupa 3 dimensi lainnya yang juga cukup terkenal dengan fungsi sebagai sarana rekreasi yakni patung Garuda Wisnu Kencana. Patung yang pengerjaannya oleh seorang seniman bali yang bernama I Nyoman Nuarta  berdiri diatas sebuah kompleks taman budaya garuda wisnu kencana dan berada di pulau dewata. Pengerjaan patung ini masih terus dilakukan.

Perwujudan patung ini adalah dewa wisnu yang sedang menaiki tunggangannya berupa burung garuda. Patung ini rencananya apabila sudah selesai pengerjaannya akan menjadi salah satu patung tertinggi didunia. Sama halnya dengan kompleks candi borobudur, disekitar lokasi patung garuda wisnu kencana kita juga dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis karya seni rupa 3 dimensi seperti relief, kerajinan keramik, beberapa hiasan hasil pahatan batu, dan lain sebagainya.

Sponsors Link

Peletakan patung garuda wisnu saat ini masih bersifat sementara dan menunggu jadinya keseluruhan bagian patung tersebut. Patung Garuda Wisnu Kencana secara jenis memiliki fungsi sebagai simbol atau pengingat misi penyelamatan lingkungan dan dunia. Patung ini dibuat dengan bahan dasar tembaga dan baja. Nantinya Patung yang direncanakan memiliki tinggi 75 meter tersebut diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga bisa dilihat dati sanur, kuta, nusa dua, hingga tanah lot.

Monas

ads

Monumen nasional atau disingkat sebagai monas merupakan sebuah hasil karya contoh seni arsitektur di indonesia. Monas sudah dikenal oleh banyak masyarakat baik yang berada di jakarta maupun yang berada diluar jakarta. Monas merupakan karya seni rupa 3 dimensi yang memiliki fungsi sebagai peringatan atau pengingat untuk perlawanan rakyak indonesia dengan pemerintahan hindia belanda. Bila dilihat dari jenisnya, karya seni rupa 3 dimensi lainnya tidak terlalu memikirkan siap saja yang masuk dalam keseksi tersebut.

Monumen nasional merupakan monumen perigatan setinggi 132 meter. Pengerjaan monas dimulai pada tangga 17 agustus 1961 dan selesai serta mulai dibuka untuk umum pada tanggal 12 juli 1975. Dalam kompleks monumen nasional ini, kita akan dapat menemukan berbagai contoh karya seni rupa 3 dimensi. Relief, patung diorama sejarah kemerdekaan, serta karya utama monas berupa api dalam wujud kangkung yang memiliki kandungan emas.

Contoh karya lainnya

Selain ketiga contoh karya seni rupa 3 dimensi ada beberapa contoh lain yang masih bisa kita temui bersama antara lain :

  1. Candi prambanan, merupakan kompleks candi hindu terbesar di indonesia yang berada di kota Yogyakarta. Candi prambanan juga merupakan karya seni rupa 3 dimensi yang kompleks karena terdapat berbagai jenis seni rupa didalamnya. Candi yang termasuk situs warisan dunia UNESCO ini ditetapkan sebagai candi terindah di asia tenggara.
  2. Museum Fatahillah yang memilki arsitektur belanda jaman dahulu dan merupakan salah satu karya seni rupa 3 dimensi yang berjenis arsitektur. Selain gedung berarsitektur menarik dan penuh sejarah, didalam kompleks museum fatahillah kita juga bisa menemukan contoh karya seni rupa 3 dimensi lain seperti anyaman, patung, kerajinan logam, diorama, dan lain – lain.
  3. Patung Jalesveva Jayamahe di pelabuhan ujung surabaya yang dirancang oleh I Nyoman Nuarta pada tahun 1993. Patung ini adalah sebuah monumen dengan wujud seorang prajurit angkatan laut indonesia dengan pakaian dinas upacara lengkap dan pedang kehormatan yang menghadap ke laut serasa menantang gelombang laut dan ingin memperlihatkan angkatan laut indonesia yang berjaya.
  4. Patung Selamat Datang, sebuah patung terkenal yang berlokasi ditengah bundaran hotel indonesia, jakarta, dengan wujud sepasang orang mengengam bunga dan melambaikan tangan tanda menyambut seseorang dengan hangat. Patung ini dibuat tahun 1962 pada masa pemerintahan presiden soekarno yang diperuntukan untuk menyambut para tamu, atlet, official dalam rangka kegiatan olahraga Asian Games yang ke-IV.
  5. Beberapa karya seni rupa 3 dimensi lain berupa patung yang ikonik di Indoneisia antara lain Patung Bunda Maria di Ambarawa, Patung Buddha Tidur di Mojokerto, Patung Martha Kristina di Ambon, dan patung patung lainnya.
  6. Beberapa gedung dengan arsitektur unik seperti Gedung Sate di Bandung, Masjid Istiqlal di Jakarta, Istana Maimun di Medan, Lawang Sewu di Semarang, Taman Sari di Yogyakarta, dan gedung – gedung bersejarah lainnya.

Berikut Contoh Seni Rupa 3 Dimensi Dan Penjelasannya yang wajib anda ketahui karena sangat memudahkan anda untuk lebih memahami ilmu seni secara dalam lagi.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Friday 24th, November 2017 / 02:28 Oleh :
Kategori : Seni Rupa