Sponsors Link

Tari Baksa Kembang dan Penjelasannya

Jika kita berbicara mengenai tarian tradisional indonesia yang ada di berbagai daerah sobat, tentunya tidak akan terhitung jumlahnya karena memang seperti yang sudah kita ketahui bersama, negara kita Indonesai tercinta ini memiliki ribuan pulau yang tersebar dari Sabang hingga Merauke.

ads

Dan setiap pulau tersebut tentunya memiliki suku yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya yang menjadikan budaya yag terdapt juga di dalamnya berjumlah ribuan. Oleh karena hal tersebut sobat, kita sebagai warga negara Indonesia patutu berbangga akan kekayaan tersebut. Namun, tidak cukup hanya berbangga saja ya sobat, kita wajb dan harus melestarikan budaya tersebut agar bisa tetap ada dan menjadi kebanggan negara kita.

Oke sobat semua, salah satu budaya yang akan kita ulasan pada postingan kali ini yakni mengenai salah satu jenis tarinya. Adapun jenis tari yang ana kita ulasan adalah mengenai tari baksa kembang. Nah sobat, jika anda belum pernah mendengar jenis tari baksa kembang yang satu ini, berikut ini ulasan selangkapnya untuk anda. Cekidot

Asal Muasal Tari Baksa Kembang

Adapum tari baksa kembang ini merupakan jenis jenis tarian kalimantan selatan yang menjadi ciri khas budaya dari daerah terssebut. Pada umumnya tarian yang satu ini difungsikan untuk menyambut para tamu atau pejabat besar yang akan berkunjung ke daerah Kalimnatan selatan tersebut.

Namun sobat, awalnya tarian ini digunakan untuk menghibur para tamu dan anggota kerajaan sekaligus untuk memperkenalkan tari tersebit ke tamu kehormatan yang berkunjung ke kerajaan tersebut. Namun seiring perkembangan budayanya, maka sekarang ini tari baksa kembang ini sudah dipopulerkan di semmua kalangan masyarakat, sehingga saat ini tari baksa kembang ini sudah terkenal dan populer di tengah masyarakat Kalimantan Selatan tersebut.

Busana Tari Baksa Kembang

Seperti jenis tari yang lain pada umumnya sobat, tentunya tari baksa kembang ini juga memiliki busana tersendiri. Dalam pertunjukannya, para penari tari baksa kembang ini dibalut dengan busakan khas tari baksa kembang, sesuai dengan namanya ya sobat yakni menggunakan kembang. Selain itu, para penari juga dilengkai dengan selendang yang digunakan untuk mempercantik tarian tersebut.

Selain itu sobat, yang menjadi ciri khas busana tari baksa kembang ini adalah mahkota kembang yang terdapt di kepala penari yang bernama gajah gemuling yakni mahkota yang dihiasi kembang bogam ukuran kecil serta anyaman daun kelapa muda yang sering disebut dengan nama halilipan di daerah tersebut.

Gerakan Tari Baksa Kembang

Adapun gerakan dalm tarian tari baksa kembang ini menggambarkan seperti remaja –  remaja putri yang cantik yang seolah –  olah sedang bermain di taman bunga. Para penarti tersebut memetik beberapa kuntum bunga yang kemudian dirangkai menjadi kembang bogam.

Setelah itu, mereka membawa kembang bogam tersebut sambil menari dengan gerakan yang lemah gemulai dan lembut. Selain itu mereka juga membawa propreti kembang boham ditanggan, yakni kembang mawar, melati, kantil dan juga kenanga yang nantinya akan dihadiahkan kepada para tamu setelah pertunjukan selesai.  Tarian yang satu ini digelar pada saat acara festival kebudayaan dan penyambutan para tamu.


Sekian ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua yang bisa penulis share mengenai tari baksa kembang tersebut. Semoga ulasan ini bermanfaat buat anda yang sudah membacanya. Sampai jumpa sobat di artikel selanjutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari