Sponsors Link

Tari Baksa Lunta dan Penjelasannya

Hello guys yang selalu penulis rindukan, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang tentunya akan setia menemani waktu luang anda bersama keluarga tercinta. Nah sobat semua, tidka jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya, pada postingan kali ini kita masih akan membahas mengenai contoh seni budaya nusantara yang ada di negara kita Indonesia tercinta ini.

ads

Budaya yang ada di negara kita tentunya sangat beragam yang tentunya pulau di negara kita juga banyak. Hal tersebut tentunya menjadi kebanggan tersendiri bagi kita ya sobat. Namun sebagai wujud dari kebanggan tersebut sudah seharunya kita melestarikan dan mewariskan budaya tersebut agar tidak akan termakan oleh waktu nantinya.

Karena budaya yang ada di negara kita ada begitu banyak, salah satu budaya yang akan kita bahas pada postinagn kali ini yakni mengenai salah satu jenis tari yang kita miliki. Adapun contoh seni tari yang dimaksud antara lain adalah tari baksa lilin. Nah sobat semua, untuk ulasan selengkapnya, berikut ini ulasannya untuk anda.

Sejarah Tari Baksa Lunta

Tari yang satu ini berasal dari daerah Kalimantan Selatan atau Banjarmasin. Menurut catatan sejarah yang ada sobat, pada umumnya tari baksa lunta ini pada awalnya hanya digunakan dan di gelar di daerah kerajaan yang bertujuan untuk menghibur para Penghuni kerajaan serta tau besar dari kerajaan tersebut.

Jadi apda waktu ini, masyarakat sekitar belum paham dan tak tau akan jenis tari yang satu ini. Namun seiring berjalannya waktu, lama – kelamaan tari baksa lunta ini akhirnya di gelah di acara – acara resmi di tengah msyarakat tersebut, sehingga masyaraktnya pun menegnal jenis tari yang konon hanya miliki anggita kerajaan ini.

Gerakan Tari Baksa Lunta

Adapun tari baksa lunta baksa lunta ini diperanka atau dibawakan oleh seorang remaja putri yang di dandanin sehingga menjadi remaja purti yang elok dan rupawan yang bertujuan untuk menghibur para tamu yang melihatnya.

Selain itu sobat, gerakan dari tari baksa lunta ini dilakuakn secara lemah gemulai yang menambah elok dan cantiknya sang penaro tersebut. Para penari berkeliling satu dengan yang lainnya sehingga menambah gemualinya gerkan dari tari baksa lunta tersebut sehingga penonton yang melihatnya merasa terhibur. Pada umumnya jumlahk penari dari tari baksa lunta ini berjumlah ganjil.

Busana Tari Baksa Lunta

Tidak jauh berbeda dari jenis tari yang lainnya, tari baksa lunta inipun tentunya memiliki busana yang khas dan tentunya indah ya sobat. Pada umumnya busana yang digunakan oleh para penari dari tari baksa lunta ini menggunakan selendang yang panjang, yang kemudian akan dimainkan oleh tangannya, menggunakan layaknya seperti kemben sebagai atasan yang kemudian ditutup oleh aksesoris kain yang memiliki banyak manik – manik serta menggunakan sarung yang bermotif untuk bagian bawahannya.

Selain itu, penari tari baksa lunta ini juga mengguankan beberapa aksesoris di tangannya serta kakinya yang membuat mereka tambah lebih anggun. Dan tidak lupa juga mereka pastinya menggunakan mahkota di bagian kepalanya.


Itulah ulasan singkat mengenai tari baksa lunta yang penulis sajikan buat anda. Semoga setelah membaca artikel ini wawasan serta pemahaman anda akans meakin bertambah akan budaya kita, selain itu semoga rasa memiliki dan rasa cinta anda juga semkain bertambah terhadap budaya kita salam cinta budaya. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari