Sponsors Link

Tari Baksa Rajawali dan Penjelasannya

Hello sobat semua pecinta budaya Indonesia, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat dengan ulasan mengenai contoh budaya daerah yang ada di negara kita Indonesia tercinta ini. Seperti yang sudah kta ketahui bersama sobat, bahwasanya budaya yang ada di negara kita tentulah sangat banyak yang tersebar di setiap pulau dari Sabang hingga Merauke.

ads

Ragamnya budaya tersebut tentunya menjadi kebanggan tersendiri buat kita sebagai pemilikinya ya sobat, karena belum tentu negara lain yang ada di dunia ini memiliki keragamn budaya seperti yang negara kita miliki. Setuju ya sobat. Oleh karena itulah, kita sebagai pemilik kebudayaan tersebut harus berbangga diri.

Oke sobat semua, adapun bentuk dari berbangga tersebut harus kita wujudkan dalam bentuk melestarikan dan mewariskan budaya tersebut kepada generasi penerus kita agar  budaya tersebut tetap lestari dan tidak akan terkikis oleh perkembangan zaman yang ters berkembang.

Adapun salah satu budaya yang akan kita bahas pada postingan kali ini yakni mengenai salah satu jenis tarina yang berasal dari salah satu bduaya tersebut. Adapun contoh seni tari yang dimaksud adalah tari Baksa Rajawali.  Nah sobat semua, buat anda yang belum pernah mendengar tari Baksa Rajawali tersebut, berikut ini ulassannya secara lengkap untuk anda. Yuk sobat, mari kita simak dengan seksama.

Sejarah Tari Baksa Rajawali

Menurut catatan sejarah yang ada, tari ini pada mulanya digunakan hanya sebagia tari untuk menyambut tamu kebesaran daerah dan juga para pejabat yang berkunjung ke daerah. Adapun tari Baksa Rajawali ini bersal dari Kalimantan selatan atau Banjarmasin.

Tari Baksa Rajawali dipercaya olwh masyarakt sekitar sebagai simbol kekuatan, karena memang seperti namanya tari Baksa Rajawali, Rajawali adalah seekor burung yang kuat yang dapt terbang ke angkasa seajuh mungkin dengan kepaakan syapnya yang sangat kuat.

Tidak ada satu burungpun yang bisa mengalahkan burung perkasa yang satu ini.  Nah sobat semua, untuk itulah tari Baksa Rajawali di gelar dengan tujuan agar maysrakat sekitar tetap teguh, kuat dan perkasa dan dianggap sebagai tari yang bisa menolak bala ( musibah ).

Kostum Tari Baksa Rajawali

Tidak jauh berbeda dari jenis tarian yang lain pada umumnya, tari Baksa Rajawali ini juga memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya satu dengan yang lainnya. Adapun kostum yang digunakan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Menggunakan mahkota kepala yang menandakan mahkoto dari burung Rajawali yang kuat tersebut.
  • Mengguanakn topeng yang mirip paruh burung, yang digunakna untuk menutupi mulut hingga hindung, sehingga terlihat memang seolah menggunakan paruh
  • Menggunaan kain lebar yang disematkan di badan dan juga tangannya sehingga ketika tangan sang penari dibuka, maka akan terlihat selah seperti menggunakan sayap yang lebar dan juga kuat yang memang mirip seperti bentuk burung Rajawali.

Gerakan Tari Baksa Rajawali

Pada umumnya, tari Baksa Rajawali ini diperankan oleh kaum laki –  laki. Gerakannya banyak menggunakan adegan terbang yang menggambarkan seekor burung rajawali yang sedang terbang. Juga menggunakan gerakan memangsa lawannya, yang menggambarkan burung ini memang suka memangsa hewan kecil.


Menarik ya sobat jenis tari yang satu ini. Jika anda berniat ingin melihatnya secara langsung, ada bisa berkunjung ke Kalimantan Selatan ya sobat. Semoga ulasan diatas bermanfaat buat anda yang sudah membacanya. Sampai jumpa diartikel selanjutnya. Salam budaya selalu.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari