Sponsors Link

Tari Benelai (Selendang) dan Penjelasannya

Hello sobat semua yang terkasih, apa kabar sobat semoga sobat semua selalu dalam keadaan baik –  baik saja dan tentunya dalam keadaan berbahagia selalu ya sobat. Nah sobat semua, agak berbeda dari artikel yang sebelumnya kita bahas, pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai contoh budaya nasional negara kita tercinta Indonesia ini.

ads

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, bahwasanya contoh budaya daerah yang ada di negara kita sangatlah banyak dan beragam yang berasal dari semua pulau di negara kita, yakni mulai dari Sabang hingga Merauke. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara Indonesia tentunya patut berbangga diri akan hal ini ya sobat, untuk itu kita harus tetap melestarikan kebudayaan tersebut agar tetap terjaga sebagai kebanggan negara kita.

Oke sobat salah satu jenis budaya yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini yakni mengenai salah satu jenis tari yang kita miliki, yakni tari Benelai. Apakah sobat semua sudah pernah mendengar jenis tari yang satu  ini sobat, jika belum ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena pada postingan kali ini kita akan  dmembahasnya secara detail. Yuk sobat, mari kita simak bersama – sama penjelasan detailnya dengan seksama di bawah ini.

Latar Belakang Tari Benelai ( Selendang)

Adapun tari benelai ini pada umumnya sering dikenal orang dengan nama tari Selendang. Tari Selendang ini berasal dari Pemalang yakni berasal dari kata “ Slendang “ yang konon dalam bahasa pemalang identik dengan kata “ lendang “ yaitu perlengakapan yang digunakan untuk membawakan sebuah tarian.

Sedangkan Pemalang itu sendiri sobat adalah salah satu tempat atau kota yang berada di Jawa Tengah, jadi bisa disimpulkan bahwa tari selendang adalah sebuah tari yang menggunakan selendang dalam pertunjukannya yang berasal dari pemalang.

Tari selendang ini tergolong tari yang belu terlalu lama dicetuskan oleh pemerintah Pemalang itu sendiri sobat, karena tari yang satu ini baru dicetuskan atau diresmikan pada tanggal 17 September 2012 yang silam.

Ciri Khas Tari Benelai ( Selendang )

Semenyata itu sobat seperti yang sudah kita ektahui bersama, tentunya setiap tarian yang ada didaerah kita memiliki ciri khas yang berbeda –  beda satu dengan yang lainnya. Adapun ciri khas dari tarian benelai atau tari selendang ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Tata hubungan elemen – elemen gerak seperti gerak, iringan dan juga tata rias serta busananya.
  • Unsur – unsur gerakan tarinya merupakan campuran dari tarian yang berasal dari gerak Yogyakarta, Surakarta, Banyumas, dan juag Sunda.
  • Busananya bersifat merakyat dan sederhana yang terlihat dari busana yang dipakai hanya busana biasa yang sederhana namun tetap sesua dengan namanya yakni menggunakan selendang.
  • Mengguankan hiasan sanggul yakni seperti untaian bunga melati yang disematkan di sanggul para penarinya, yang dibentuk melengkung dan berjumlah liam lengkungan. Adapun kelima lengkungan tersebut merupakan simbol dari kelima panca sila dari Pancasila yang merupakan dasar pemikiran serta dasar pemikiran masyarakat Pemalang tersebut.

Oke sobat semua, itulah ulasan mengenai tari Benelai ( Selendang )  yang bisa penulis sajaikn buat sobat semua yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Terima kasih buat anda yang sudah membacanya ya sobat. Sampai junpa diartikel selanjutnya. Tetap jaga terus budaya kita ya sobat, sampai jumpa di lain kesempatan. Salam budaya dan salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari