Sponsors Link

Tari Putri Malawen dan Penjelasannya

Bagi sobat yang lahir di provinsi Kalimantan Tengah, pastinya sobat sudah mengetahui beberapa kesenian dan kebudayaan yang ada di daerah tersebut. Salah satu kesenian yang ada di provinsi kalimantan Tengah adalah tarian putri malawen.

ads

Mungkin, bagi sobat yang berada di luar provinsi kalimantan Tengah, belum terlalu mengetahui tentang tari putri malawen ini. Apalagi bila sobat juga tidak terlalu memiliki wawasan serta pengetahuan yang luas mengenai kesenian-kesenian yang ada di Indonesia khususnya di daerah Kalimantan Tengah, pastinya sobat akan bingung bila ditanya mengenai tari putri malawen ini.

Lantas sebenarnya apa sih tari putri malawen ini? Bagi sobat yang ingin lebih mengetahui tentang tari putri malawen ini, maka sobat tidak perlu khawatir. Karena pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan  sedikit ulasan mengenai tari putri malawen beserta penjelasannya.

Kalimantan Tengah adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia yang terletak di pulau Kalimantan. Dan ibukotanya adalah Palangkaraya. Kalimantan Tengah memiliki luas wilayah mencapai 157.983 km² dan berdasarkan sensus pada tahun 2010 memiliki jumlah penduduk mencapai sekitar 2.202.599 jiwa yang terdiri atas 1.147.878 laki-laki dan 1.054.721 perempuan.

Dan pastinya pada tahun 2018 yang lalu populasinya akan jauh lebih meningkat. Dengan angka-angka tersebut, maka tak heran apabila provinsi Kalimantan Tengah ini memiliki kebudayaan dan kesenian yang begitu melimpah.

Salah satu kesenian yang ada di provinsi tersebut adalah tari putri malawen. Lantas seperti apa sih tari putri malawen ini? Bagi sobat yang penasaran, berikut adalah sedikit ulasan mengenai tari putri melalawen beserta penjelasannya, antara lain:

1.Pengertian tari putri malawen

Tari putri malawen merupakan salah satu tarian yang berasal dari provinsi kalimantan Tengah, tepatnya berasal dari daerah yang bernama Barito. Perlu sobat ketahui bahwa tarian ini dulunya biasa di adakan atau di tampilkan pada sebuah kerajaan. tari sukmaraga bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Oleh karena itu, tarian ini juga termasuk dalam tarian tradisional yang harus kita lestarikan, hal ini karena saat ini di negara seperti Indonesia ini sudah banyak dipengaruhi oleh kebudayaan dari luar yang tergolong memiliki nilai negatif, dan hal inilah yang menyebabkan para generasi muda sudah mulai melupakan tradisi atau kebudayaan dari nenek moyang salah satunya adalah sebuah tari putri malawen ini.

2. Asal mula tari putri malawen

Tari putri malawen sebenarnya memiliki nama yang berasal dari nama sebuah danau yang ada di daerah Barito, Kalimantan Tengah. Pada zaman dahulu, di daerah Barito terdapat sebuah kerajaan dan apabila dalam kerajaan tersebut ada sebuah perayaan atau acara-acara besar, maka di adakan sebuah tarian untuk menghibur para tamu dan penghuni kerajaan yang lainnya. tari kunang kunang bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Dahulu, tarian ini di bawakan atau dilakukanoleh seorang putri daerah Barito itu sendiri terutama saat ada acara-acara besar di dalam kerajaan. Berhubungan dengan adanya sebuah sungai yang ada di daerah Barito yang bernama sungai malawen, maka banyak masyarakat atau penghuni kerajaan yang menyebut tarian ini sebagai tarian putri malawen.

Nah demikianlah sedikit ulasan mengenai tari putri malawen berserta penjelasannya yang dapat saya sampaikan dalam artikel yang berhasil saya buat pada kesempatan kali ini.


Terima kasih karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk sekedar membaca artikel ini. Semoga saja dengan adanya artikel ini, saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat. Dan semoga melalui artikel ini pula, juga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat.

Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa lagi di lain kesempatan, tentunya pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan Terima kasih.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari