Sponsors Link

Tari Reog Gendang dan Penjelasannya

Masih membahas seputar jenis tarian tradisional Indonesia ya sobat, seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasanya ada begitu banyak jenis tari yang ada di Indonesia yang sekaligus menjadi kekayaan yang dimiliki oleh  negara kita tercinta yaitu Indonesia ini.

ads

Namun pada postingan kali ini kita hanya akan membahas salah satu jenis tari tersebut ya sobat, yakni reog gendang. Sobat semua tentunya sudah pernah mendengar jenis tari yang satu ini ya sobat, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, tari ini cukup melegenda di tengah –  tengah masyarakar. Namun untuk infi selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Latar Belakang Tari Reog Gendang

Adapun reog gendang ini berasal dari daerah kabupaten Tulungagung dan merupakan salah satu dari contoh budaya daerah Indonesia. Adapun jenis reog yang satu ini tentunya berbeda dari jenis reog yang lainnya. Reog gendang ini lebih mirip kepada kumpulan penari dengan jenis alat musik tifa dan jimbe yang dipadukan dengan kesenian jaranan,

karena dalam bahasa Jawa disebut dengan gendang atau kendang. Selain itu sobat, para genblak adalah mantan pemain Reyong Ponorogo, maka dikatakanlah atau dinamakanlah reog yang satu ini dengan nama reog gendang khas Tulungagung.

Kostum Penari Reog Ponorogo

Adapun jenis kostum penari reog ponorogo disesuaikan dengan jenis peran yang dimainkannya, antara lain adalah sebagai berikut :

Penari Pembawa Kendang

Yakni dengan mengenakan pakaian Jathilan yang ada pada reyog dan menggunakan udeng yang biasanya digunakan oleh para warok saat itu dengan bentuk candi Bentar peninggalna Majapahit yang dahulu kala, yang memang saat ini digunakan masyarakat Banyuwangi dan pendekar Minang. Selain itu, dilengkapi dengan aksesoris kain yang dibentuk melingkar dan bundar di kepala yang merupakan penghargaan dari Jepang atas Gemblak atas kerja kerasnya menari pada saat akan perang waktu itu.

Penari Buta

Yakni kostum dengan thema yang agak seram, sesuai dengan peraanya.

Penari Kuda Kepang

Yakni menggunakan kostum dengan anyaman kuda dan kostum Jathilan

Penari Babi

Yakni menggunakan kostum dengan patung tipis berbentuk babi

Penari Topeg Naga

Yakni menggunakan topeng bernama jepaplok

Waron

Yakni dengan menggunakan pakaian penadon


Gerakan Khas

Adapun gerakan khas dari tari reog gendang ini yakni dengan membungkukkan badan. Hal ini dikarekan para pembawa alat musik gendang  pada saat perjalanan Bentrangin ke kerajaan Daha. Atau dengan versi lain bahwasanya badan yang membungkan menunjukkan hamba yang taat dan setia serta patuh kepada warok,  oleh karena itulah sosok Warok selalu ada pada kesenian reog gendang khas Tulungagung yang dianggap sebagai Pawang atau Pomoh.

Alat Musik Reog Gendang

Adapun jenis alat musik yang digunakan pada kesenian reog gendang ini adalah menggunakan perkusi Gamelan reyog seperti Selompret, Gong, Kenong, Kempul, namun tanpa angklung. Namun meski demikian sobat, bunyi tetabuhan ynag dibawakan oleh penari masih tetap terdengar. Selain itu, pada saat pertunjukan reog gendang ini, juga dilengkapi dengan tarian dan nyanyian campur sati sehingga membuat tarian ini lebih enak untuk didengarkan.

Nah sobat semua, menarik bukan kesenian atau tari reog gendang yang satu ini. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat buat sobat semua serta bsia menambha kecintaan anda terhadap kesenian Indonesia. Jangan lupa selalu mencintai dan melestarikan budaya dalam negeri sendiri. Salam seni.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari