Sponsors Link

12 Macam Macam Kerajinan Tangan Dari Bambu dan Cara Pembuatan

Kerajinan tangan menurut wikipedia merupakan kegiatan seni yang menitik-beratkan kepada keterampilan tangan dan fungsi untuk mengolah bahan baku yang sering ditemukan di lingkungan menjadi benda-benda yang tidak hanya bernilai pakai. Kerajinan tangan merupakan salah satu aktifitas untuk membuat karya seni yang dalam istilah seni rupa murni disebut dengan nama kriya.

ads

Kriya atau kerajinan tangan adalah salah satu contoh seni rupa terapan yang dapat mengasilkan berbagai barang yang tidak hanya indah namun juga memiliki fungsi tertentu. Berbagai macam bahan yang ditemukan disekitar kita dapat diolah menjadi kerajinan tangan seperti macam macam kerajinan tangan dari kain perca, kerajinan tangan dari koran bekas, kerajinan tangan dari kardus, kerajinan tangan dari serat alami, kerajinan tangan dari batu, kerajinan tangan dari kayu, dan berbagai bahan lainnya.

Bambu termasuk salah satu bahan yang mudah ditemui di Indonesia dengan iklim tropisnya dan banyak terdapat pedesaan maupun perkampungan pinggir kota. Bambu merupakan salah satu bahan yang dapat diolah menjadi kerajinan tangan. Pengolahan dan pemrosesan bambu untuk menjadi kerajinan tangan biasanya lebih banyak mengunakan teknik anyaman namun tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan teknik lainnya. Jenis jenis bambu yang dapat digunakan untuk membuat kerajinan tangan dari bambu adalah sebagai berikut.

  • Bambu tali

Jenis bambu yang dikenal dengan nama ilmiah Gigantochloa apus memiliki nama lain seperti bambu apus, prng tali, dan awi tali. Bambu ini akan membentuk rumpun yang sangat rapat dan dapat tumbuh sampai dengan ketinggian 20 meter. Bambu ini coock digunakan untuk kerajinan tangan karena kuat, bentuknya yang lurus, dan lentur.

  • Bambu wulung

Bambu wulung atau yang dikenal dengan nama ilmiah Gigantochloa atroviolacea juga memiliki karakteristik yang cocok digunakan untuk membuata kerajinan tangan. Bambu yang memiliki warna lebih hitam ini merupakan bahan dasar pembuatan angklung yang sangat terkenal di jawa barat. Selain angklung, alat musin traditional lain seperti gambang dan calung juga dibuat menggunakan bambu wulung ini.

Sebagai bahan kerajinan tangan, bambu memiliki beberapa karakteristik seperti mempunyai daya lentur yang tinggi, relatif lebih murah dari pada kayu, berat jenisnya lebih rendah dari kayu. Untuk lebih mendalami seni kerajinan tangan dari bambu ini, berikut macam macam kerajinan tangan dari bambu yang dapat dipelajari.

  1. Pot tanaman

Pot tanaman merupakan salah satu contoh hasil kerajinan tangan dari bambu yang cukup sederhana dan relatif lebih berguna dibandingkan bambu biasa. Pot tanaman ini dibut tidak seperti beberapa kerajinan tangan dari bambu yang banyak menggunakan teknik anyaman. Bambu disusun sedemikian rupa dan kemudian diberi lobang pada bagian bagian yang akan digunakan untuk menanam tanaman. Pot tanaman dengan bambu ini akan disusun secara bertingkat dan besarnya tergatung pada ukuran tanaman yang akan ditanam.

Sponsors Link

  1. Lonceng bambu.

Salah satu dari karya hasil kerajianan tangan yang dapat dengan mudah kita temui adalah lonceng bambu yang merupakan contoh karya seni rupa 3 dimensi. Lonceng kayu ini memiliki bentuk yang unik serta memiliki suara yang lebih lembut diandingakan lonceng angin dari besi. Penggunaan lonceng bambu dalam rumah tangga sering kali digunakan sebagai bel penanda.

  1. Lampu Taman

Lampu taman juga merupakan salah satu dari macam macam kerjainan tangan dari bambu yang tidak diproses menggunakan teknik anyaman. Lampu taman dari bambu dibuat dengan memanfaatkan bentuk bambu serta corak bambu yang unik serta traditional. Lampu taman ini akan membuat suasana luar ruangan menjadi lebih tenang.

ads

  1.  Furniture

Karakteristik bambu yang kuat dan lurus dapat dijadikan salah satu kerajinan tangan dengan bentuk furniture. Furniture dari bambu seperti kursi dan meja dapat dibuat sepenuhnya dari bambu dan tidak membutuhkan bahan tambahan lainnya. Furniture dari bambu ini sangat cocok diletakan baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

  1. Dinding bambu

Bentuk bambu yang khas, menarik, serta unik menjadikannya dapat dibuat kerajinan tangan yang berkaitan dengan interior rumah. Bambu yang lurus dibuat dan disusun sedemikian rupa untuk membentuk sebuah dinding atau sekat yang dapat menberikan kesan traditional dan natural pada interior rumah.

  1. Bingkai Foto

Bingkai foto juga dapat dibuat dari kerajiann tangan mengunakan bambu. Tekstur dan bentuk permukaan pada bambu dan dibentuk menjadi bingkai foto untuk mendukung konsep natural pada interior rumah ataupun untuk membuat interior rumah menjadi berbahan bambu keseluruhan.

  1. Pancuran air

Untuk memberikan kesan yang tenang dan dekat dengan alam biasanya taman yang ada di rumah akan diberi pancuran air. Pancuran air dapat dibuat melalui kerajinan tangan dari bambu dengan memanfaatkan lubang lubang yang ada pada bambu sehingga akan memberikan kesan natural dari pancuran air pada taman tersebut. Pancuran air dari bambu ini merupakan salah satu contoh karya seni rupa terapan.

  1. Rumah burung

Bentuk lain dari macam macam kerajinan tangan dari bambu yang dapat dihasilkan adalah rumah burung. Bambu yang dimanfaatkan untuk rumah burung ini biasanya adalah bambu yang letaknya berada paling ujung dengan ukurang diameter yang kecil. Bambu dengan diameter kecil tersebut dibentuk dan disatukan dengan bantuan lem maupun paku.

  1. Sepeda

Bambu yang memiliki karakteritik kuat dan lurus dapat dibentuk menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual tinggi. Kerajinan tangan dari bambu yang memiliki nilai jual tinggi tersebut adalah sepeda dari bambu. Untuk membuat sepeda dari bambu, butuh kreatifitas dan kemampuan yang tinggi agar sepeda dari bambu dapat digunakan dengan baik.

  1. Seruling

Seruling dan alat alat berbunyi lainnya juga merupakan salah satu contoh kerajinan tangan dari bambu. Seruling merupakan alat musik traditional yang cara membunyikannya dengan ditiup. Saat ini seruling dari bambu banyak digunakan sebagai alat musik yang mengiringi musik dangdut.

  1. Vas bunga

Bentuk bambu yang bulat dan berongga dapat dimanfaatkan untuk menjadikanya kerajinan tangan dari bambu bentuk vas bunga yang digunakan sebagai tempat bunga dalam raungan. Vas bunga dari bambu ini biasanya akan ditambahkan beberapa ornamen ornamen untuk memperindah bentuknya.

  1. Kerajinan tangan lainnya.

Selain contoh contoh diatas, ada banyak kerajinan tangan lainnya yang dapat dibuat dengan bahan dasar bambu seperti tikar bambu, keranjang bambu, tempat lilin, pagar, pembatas tanaman, alat makan dari bambu, lampu hias, lampu tidur, boneka, dan kaligrafi serta aneka barang dari anyaman yang merupakan salah satu dari macam macam kerajinan tangan dari riau.

Macam macam kerajinan tangan dari bambu diatas merupakan contoh hasil kerajinan tangan yang dapat dibuat menggunakan bahan utama bambu dengan karakteritik utamanya yang kuat, lurus, dan lentur. Selain kerajinan tangan dari bambu, anda juga dapat membaca serta mempelajari macam macam kerajinan tangan dari bahan alam lainnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kerajinan Tangan