Sponsors Link

11 Macam Macam Kerajinan Tangan Dari Kayu dan Cara Pembuatan

Mempelajari dunia seni dari berbagai cabang cabang seni haruslah dengan cara mempraktekannya karena dengan cara mempraktekkannya maka kita bisa merasakan dan menilai langsung karya seni yang dapat dibuat melalui berbagai cara. Kondisi ini lah yang menjadikan dasar mengapa setiap pelajaran seni apapun baik itu seni rupa, seni pertunjukan, dan seni sastra di sekolah lebih banyak menitik beratkan pada paktek dibandingkan dengan teori.

ads

Dalam mempelajari seni rupa, kita dapat mencoba untuk mempraktekkan maupun mengamati karya salah satu aktifitas di cabang seni rupa yakni kerajinan tangan. Kerajinan tangan merupakan kegiatan untuk memproses berbagai macam bahan yang ada disekitar melalui berbagai teknis untuk mendapatkan karya seni yang tidak hanya indah namun juga memiliki fungsi fungsi tertentu.

Contoh beberapa bahan yang dapat dijadikan kerajinan seperti macam macam kerajinan tangan dari kardus, kain perca, koran, kertas, dan berbagai macam bahan lain yang dapat kita temui. Kayu merupakan salah satu bahan kerajinan tangan yang dapat diproses menjadi berbagai macam karya seni. Beberapa macam kayu dengan berbagai karakteristiknya yang dapat diolah menjadi kerajinan tangan antara lain :

  • Kayu Mahoni

Jenis kayu yang bisa didapat dari daerah yang bermusim kering maupun basah ini sering dipakai sebagai bahan dasar pembuatan mebel, alat olahraga, alat musik, dan keperluan bangunan lainnya. Kayu ini memiliki kualitas yang baik dengan tingkat ketahanan dan keawetan yang pas namun tidak tahan terhadap rayap.

  • Kayu Jati

Kayu ini merupakan jenis kayu yang paling kuat diantara lainnya sehingga memiliki harga yang lebih mahal karena merupakan kayu yang paling awet diantara lain jenis kayu lainnya. Kayu yang memiliki karakteristik daya retak rendah, corak warna coklat muda hingga kehijauan, berserat lurus dan bertekstur agak kasar sangat cocok dijadikan salah satu bahan kerajinan tangan terutama yang dikerjakan dengan teknik ukiran.

  • Kayu Pinus

Kayu yang memiliki urat menyerupai kayu jati ini sangat sering digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai macam kerajinan tangan. Karena harganya yang lebih murah, kayu ini dapat digunakan sebagai alternatif penganti kayu jati.

  • Kayu Sonokeling

Kayu sonokeling juga memiliki harga yang relatif mahal seperti kayu jati. Dengan corak dan urat yang indah menjadikan berbagai macam kerajinan tangan yang dibuat dari kayu ini lebih mewah. Yang paling menarik dari kayu ini adalah warnanya yang tidak biasa, hitam keunguan.

  • Kayu Akasia

Jika dilihat dari bentuknya mungkin akan sulit membedakan kayu akasia ini dengan kayu jati. Namun kayu ini lebih rentan terhadap jamu, rayap, serta memiliki bobot yang lebih berat dan lebih keras. Dengan warna coklay dan serat yang khas, kayu ini tergolong jenis kayu yang sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai macam bentuk.

Sponsors Link

  • Kayu Trembesi

Kayu yang umumnya digunakan untuk membuat meja ini dapat dengan mudah ditemui dimanapun karena bisa tumbuh dalam kondisi apapun di iklim tropis. Kayu yang memiliki komposisi warna putih diluar dan coklat ditengah ini memiliki harga yang lebih murah dari kayu jati dan cocok digunakan sebagai salah satu bahan kerajinan tangan.

Berbagai macam kayu diatas dapat dibentuk dan diolah dengan mudah untuk menghasilkan karya kerajinan tangan. Dalam memiliki kayu yang akan digunakan untuk kerajinan tangan perlu diperhatikan beberapa hal seperti jenis kayu yang cocok untuk bentuk tertentu, kadar air didalam kayu, ketahanannya terhadap rayap, kemudahan untuk mendapatkan, dan harga yang sesuai.

ads

Kerajinan tangan dari kayu merupakan contoh macam macam kerjinan tangan dari bahan alam. Kerajinan dari bahan kayu saat ini banyak sekali mendatangkan penghasilan bagi pembuatnya karena banyaknya minat dari masyarakat. Berikut ini macam macam kerajinan tangan dari kayu yang cukup populer dan diburu saat ini.

  1. Jam tangan dari kayu

Jam tangan dari kayu? mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui adanya produk tersebut. Namun ternyata salah satu kerajinan tangan dari kayu ini banyak diminati oleh orang karena bentuknya yang unik dan tidak biasa. Fenomena Trend jam tangan dari kayu ini sudah muncul sejak tahun 2016 yang lalu ketika mulai muncul berbagai macam barang yang tidak biasa dibuat menggunakan kayu. Salah satu keunggulan dari bahan kayu yang digunakan untuk pembuatan jam adalah corak kayu yang khas.

  1. Kacamata dari kayu

Selain jam tangan, kacamata dari kayu juga merupakan salah satu barang yang unik dan tidak umum menggunakan bahan kayu. Fenomena kacamata dari kayu ini bahkan lebih dulu muncul dibandingkan jam tangan kayu saat bapak Ridwan Kamil memamerkan kacamata dari kayu yang merupakan produk asli anak muda bandung. Namun sebenarnya, kacamata dari kayu ini sudah sejak lama banyak diminati dan bahkan sampai diekspor ke beberapa negara mulai dari asia, eropa, dan amerika.

  1. Gelang dari kayu

Gelang dari kayu juga merupakan macam macam kerajinan tangan dari kayu yang cukup populer saat ini. Selain memanfaatkan corak kayu yang unuk dan khas, gelang dari kayu juga terkadang ditambahkan ornamen ornamen berupa ukiran. Gelang kayu ini dapat memberikan sentuhan etnik dan traditional apabila dikenakan, serta dapat mendukung gaya fashion tertentu.

  1. Aksesoris dari Kayu

Selain gelang banyak bermunculan juga karya karya kreatif dari kerajinan dengan bahan kayu yang dibentuk menjadi berbagai macam aksesoris khususnya untuk wanita. Kayu dapat diolah menjadi berbagai macam kerajinan seperti kalung dari kayu, anting dari kayu, bros dari kayu, dan berbagai macam aksesoris lainnya.

  1. Speaker kayu

Yang tak kalah unik dari contoh barang kerajinan tangan dari kayu lainnya adalah speaker atau radio dari kayu. Karena keunikan dan originalitasnya, speaker dan radio dari kayu ini banyak diekspor keluar Indonesia. Speaker dari kayu ini selain bentuknya yang khas, sering juga ditambahkan beberapa komponen hemat energi untuk semakin menekankan bahwa speaker tersebut adalah produk yang ramah terhadap lingkungan.

  1. Kerajinan rangan dari kayu populer lainnya

Selain beberapa kerajinan tangan dari kayu diatas yang paling populer, ada beberapa contoh barang lainnya yang saat ini juga sedang naik daun dan banyak diminati oleh masyarakat. Barang barang kebanyakan merupakan barang yang tidak umum dibuat dengan bahan kayu. Beberapa barang tersebut diantaranya adalah :

  • Tikar kayu
  • Lampu hias dari kayu
  • Tas koper dari kayu
  • Casing smartphone
  • Kalender blok dari kayu

Macam macam kerajinan tangan dari kayu diatas merupakan barang yang paling sering dicara oleh para penikmat barang dari kayu. Selain dari kayu ada beberapa contoh kerajinan tangan lainnya yang seperti macam macam kerajinan tangan dari kain perca yang dapat anda baca artikelnya di dalam blog ini.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Kerajinan Tangan