Sponsors Link

9 Macam Macam Kerajinan Tangan Dari Benang Wol Terunik

Kerajinan tangan merupakan salah satu aktifitas seni yang temasuk kedalam cabang seni rupa. Berbagai macam barang yang dihasilkan dari kerajinan tangan merupakan sebuah karya seni yang tidak hanya indah namun juga memiliki berbagai macam fungsi sehingga sering juga digolongkan kedalam seni rupa terapan. Kegiatan kerajinan tangan ini banyak diajarkan di sekolah sekolah sejak usia dini sebagai salah satu kegitan praktek.

ads

Kerajinan tangan atau nama lainnya seni kriya dapat membentuk berbagai macam karya dalam bentuk dua dimensi maupun karya seni rupa 3 dimensi dengan banyak fungsi untuk manusia. Fungsi seni kriya atau kerajinan tangan bagi manusia diantaranya Hiasan, benda siap pakai, benda mainan. Dalam perkembangannya, berbagai bahan dapat dibuat menjadi kerajinan tangan. Macam macam kerajinan tangan dari kertas,kardus, koran bekas, kayu, batu, dan bahan alam lainnya merupakan contoh bahan disekitar kita yang dapat dijadikan kerajinan tangan.

Benang wol merupakan salah satu jenis bahan yang dapat digunakan untuk membuat kerajinana tangan terutama bagi wanita. Wol adalah bahan dasar pembuatan benang wol, wol sendiri merupakat serat yang rambut hewan keluarga caprinae, khususnya kambing dan domba. Benang wol memiliki karakteristik yang khas dan berbeda dengan benang lainnya seperti :

  • Menyerap cairan disekitarnya
  • Tidak terpengaruh terhadap cuaca
  • Elastis
  • Tahan terhadap debu dan kotoran
  • Tidak mudah kotor
  • Mudah diwarnai
  • Mudah dibersihkan

Karakteristik diatas yang menjadi dasar penggunaan benang wol untuk kerajinan tangan. Untuk lebih memahami kerajinan tangan yang dibuat menggunakan benang wol. Berikut macam macam kerajinan tangan dari benang wol yang cukup populer dan mudah dibuat sendiri.

  • Hiasan bunga dari benang wol.

Salah satu macam kreasi kerajinan tangan dari benang wol adalah hiasan dengan bentuk beranekaragam bunga. Kerajinan tangan dengan benang wol biasanya diproses menggunakan jarum pengait dengan cara yang agak rumit bagi orang awam. Namun ada beberapa kreasi yang tidak membutuhkan jarum pengait dan proses rumit yang salah satunya adalah kreasi hiasan dari benang wol. Berbagai macam bentuk bunga dapat dibuat diantaranya

  1. Bunga Mawar

Untuk membuat bunga mawar dari benang wol dibutuhkan beberapa alat dan bahan serta tangkai bunga yang telah jadi serta kawat spiral. Selain itu, gunting juga perlu disiapkan untuk membuat bunga mawar ini. Proses pembuatan bunga mawar adalah sebagai berikut :

  • Ikat kuat wol pada ujung kawat spiral.
  • lilit benang hingga seluruh bagian kawat tertutupi.
  • Tekuk kawan seperti menyerupai kelopak dan ulangi hingga mendapatkan beberapa bagian kelopak.
  • Buat ulang dengan benang wol hijau untuk membentuk daun.
  • Setelah semua siap, rangkai bunga pada tangkai yang sudah disiapkan menggunakan kawat kecil.
    Sponsors Link

  1. Bunga Dandelion

Untuk membuat bunga dandelion dari benang wol, dibutuhkan kawat, benang wol berwarna hijau dan kuning, garpu, dan selotip daun. Cara pembuatannya diawali dengan merekatkan selotip daun menutupi seluruh bagian kawat yang akan digunakan sebagai tangkai. Lilitkan benangwol kunig pada garpu dan kemudian pindahkan ke tangkai lalu potong bagian tengah menjadi dua bagian. Setelah tertata, lilitkan benang wol hijau mengitari kawat untuk menghasilkan bunga dandelion. Ulangi pekerjaan jika membutuhkan beberapa bunga dandelion.Bentuk bunga dandelion dari benang wol ini merupakan salah satu contoh karya seni rupa 3 dimensi.

ads

  1. Bunga Pom pom

Benang wol juga dapat dibuat menjadi bunga pom pom, Bunga pom pom dapat dibaut dengan cara menggulung benang wol pada jari tangga sebanyak kurang lebih 150 kali. Kemudian keluarkan pelan pelan dan masukkan benang ditengah tengah gulungan benang wol tersebut dan ikat erat erat. Potong bagian samping gulungan benang tersebut hingga tampa seperti bola berbulu. Pasang bunga pom pom tersebut pada tangkai yang disiapkan kemudian susun beberapa bunga kedalam sebauh vas.

  1. Bunga Crochet

Salah satu kreaasi bunga yang satu ini dibuat dengan cara merajut benang wol menggunakan berbagai macam jarum mulai dari jarum hakken, jarum rajut, jarum tapesky. Cara membuat bunga crochet ini lebih rumit daripada bunga yang sudah disebutkan diatas. Untuk lebih memahami cara pembuatannya anda dapat mencari berbagai macam tutorial pembuatannya yang mudah ditemui di internet.

  1. Bunga Tumpuk

Hiasan bunga yang satu ini juga merupakan hasil kerajinan tangan dengan proses merajut benang wol. Proses merajut bunga tumpuk ini menggunakan beberapa macam alat rajut tertentu. Bunga tumpuk ini biasanya lebih difungsikan sebagai bros. Sama seperti bunga crochet, untuk membuatnya memang rumit namun anda dapat melihatnya di berbagai tutorial yang ada di internet.

  • Hiasan dinding unik dari benang wol

Selain bunga, macam macam kerajinan tangan dari benang wol lainnya adalah aneka hiasan dinding dari benang wol. Berbagai macam hiasan dinding dapat dibentuk mulai dari yang rumit sampai sederhana. Beberapa contoh hiasan yang dapat dibuat dari benang wol diantaranya :

  1. Rumbai rumbai dari benang wol, pembuatan rumbai rumbai ini tidak sulit dan hanya memadukan berbagai macam warna dari benang wol. Kerajinan tangan dari benang wol ini, dapat digunakan sebagai salah satu pendukung design interior tertentu.
  2. Jam dinding rajut, hiasan dinding lainnya yang dapat dibuat dari benang wol adalah jam dinding rajut yang proses pembuatannya memanfaatkan kayu yang melingkar kemudian dirajut dan ditambahkan mesin jam serta berbagai angka pada jarum jam.
  3. Bingkai foto gantung dari benang wol, benang wol juga dapat digunakan untuk membuat bingkai foto yang unik, Bingkai foto dapat dibuat dengan cara merajut berbagai macam warna benang wol.
  • Tempat penyimpanan dari benang wol

Selain bunga dan hiasan dinding, benang wol juga dapat dibuat dan dirajut menjadi beberapa tempat penyimpanan yang unik dan menarik. Tempat penyimpanan yang dapat dibuat dari merajut benang wol diantaranya adalah keranjang benang wol, tas dan dompet dari benang wol, tempat pensil dan tempat kertas dari benang wol, dan berbagai macam tempat penyimpanan lainnya yang dapat dimodifikasi dengan penambahan ornamen benang wol untuk memperindah dan membuat unik barang tersebut.

Berbagai macam macam kerajinan tangan dari benang wol tersebut dapat dijadikan salah satu cara untuk memahami dan mempraktekkan cabang cabang seni rupa ini. Selain untuk praktek, kerajinan tangan dengan bahan benang wol ini sudah banyak dijadikan salah satu ladang penghasilan oleh beberapa orang dan terbukti berbagai macam kerajianan tangan dengan bahan utama benang wol ini banyak diminati oleh masyarakat sehingga menghasilkan penghasilan yang tidak bisa dibilang sedikit.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kerajinan Tangan