Sponsors Link

15 Contoh Seni Bangunan Indonesia Terlengkap Beserta Penjelasannya

Contoh seni bangunan dapat kita temui setiap hari di berbagai tempat yang sering kita kunjungi atau bahkan di jalan-jalan yang kita lalui seperti gedung perkantoran, masjid, kuil, dll.  Selain itu masih banyak contoh seni bangungan atau contoh seni arsitektur yang ada di seluruh dunia. Seni bangunan merupakan bagian dari cabang-cabang seni yang merupakan perwujuduan dari hasil gagasan, ide dan pemikiran manusia dalam bentuk bangunan. Seni bangunan merupakan salah satu cabang seni rupa  dan juga merupakan cabang lain dari cabang seni rupa terapan.

ads

Termasuk ke dalam seni rupa terapan karena hasilnya dapat digunakan dan dimanfaatkan. Seperti kita ketahui bahwa fungsi seni terapan adalah dapat digunakan dan dimanfaatkan secara praktis dalam kehidupa sehari-hari dengan tetap memiliki nilai-nilai estetis. Seperti halnya karya seni lainnya, seni bangunan juga dipengaruhi oleh banyak faktor seperti faktor geografis, agama, politik, ekonomi dan lain sebagainya. Itu sebabnya bentuk bangunan diberbagai negara atau daerah berbeda-beda. Bentuk bangunan di daerah timur Indonesia dengan daerah barat indonesia juga memiliki perbedaan yang lumayan kontras. Hal ini dikarenakan faktor-faktor yang telah disebutkan tadi. Atau dengan kata lain, seni budaya memiliki peranan yang besar dalam mempengaruhi seni bangunan yang ada sampai dengan saat ini. Untuk itu, hasil karya seni bangunan tidak akan lepas dari unsur-unsur kebudayaan yang membangunnya.

Meski merupakan bagian dari seni yang unsur utamanya adalah estetika dan keindahan, tetapi seni bangunan juga memiliki faktor atau unsur lain yang menunjang kelayakan dan kemampuan bangunan menaungi atau melindungi apa yang ada didalamnya. Pengertian estika menurut para ahli sudah pernah dibahas sebelumnya, sehingga kita pasti tahu mengapa seni bangunan tidak lepas dari unsur estetika dan keindahan. Karena sejatinya sebuah rumah atau bangunan adalah tempat berlindung. Berlindung dari serangan hewan buas, cuaca buruk dan lain sebagainya. Seni bangunan haruslah atau dibangun pada tempat yang menunjang nilai estetis tetapi tetap layak dan kuat.

Seni bangunan juga dipengaruhi oleh perkembangan waktu dan zaman. Hal ini berlaku pada bahan baku pembangunan serta gayanya. Juga seirngkali menerapkan prinsip-prinsip seni grafis dalam perancangannya.

Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas contoh seni bangunan yang ada di daerah di dunia yang memukau. Penasaran? Yuk simak artikel di bawah ini!

  1. Fasade Katedral, Lisabon

Katedral yang terletak di lisabon ini menggunakan salah satu gaya arsitektur eropa, Romanesque. Gaya arsitektur eropa sendiri bermacam-macam, dibedakan berdasarkan waktu, diantaranya ; Renaissance, Gothic, Barok, Rococo, Romanesque dan Neoklasikal.  Arsitektur gaya eropa ini berasal atau mengakar dari arsitektur Yunani.

  1. Istana Queluz National, Portugal

Masih bergaya eropa, namun dengan gaya Rococo atau gaya abad 18 yang akhirnya berkembang karena berakhirnya masa Barok. Bangunan bergaya Rococo dirancang dengan berbagai perabotan elegan juga hiasan bunga-bungaan di setiap ruangannya.


  1. Taj Mahal, India

Merupakan salah satu landmark India, Taj Mahal memiliki arsitektur dan cerita yang memukau dibaliknya. Tepatnya berada di Agra, Uttar Pradesh, bangunan ini merupakan bentuk lambang cinta dari Kaisar Shan Jahan untuk sang istri, Mumtaz Mahal. Taj Mahal ini konon dianggap sebagai salah satu contoh terbaik dari gaya arsitektur Mughal. Mughal sendiri merupakan nama dari sebuah dinasri yang meninggalkan banyak sekali karya seni bangunan yang indah. Gata arsitektur Mughal ini mencampurkan atau memadukan gaya arsitektur Persia, Ottoman dan India. Dalam pengaruh agama, Taj Mahal mamadukan gaya Hindu dengan gaya Islam dalam satu bangunan.

  1. Colosseum, Italy

Siapa yang tidak tahu Colosseum yang terletak di Roma, Italia? Bangunan yang dinobatkan menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia ini kerap menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan ketika berkunjung ke Italia. Bangunan ini adalah sebuah arena gladiator yang dibangun oleh Vespasian. Tempat ini digunakan sebagai tempat pertunjukan dengan nama Flabian Amphitheatre yang memiliki gaya arsitektur mediterania. Arsitektur mediterania adalah gaya arsitektur yang berasal dari wilayah mediterania (Eropa, Afrika dan Asia).

  1. Opera House, Sydney

Setiap tahunnya, bangunan yang mendapatkan gelar World Heritage Site dari UNESCO pada tahun 2007 ini menjadi tempat untuk lebih dari 1000 macam pertunjukan. Tepatnya berada di New South Wales bangunan ini dibangun pada abad ke-20. Desain daripada gedung ini dibuat mirip dengan bentuk cangkang yang dilapisi keramik putih swedia. Material keramik putih swedia tersebut membuay ia dapat memantulkan sinar matahari dari saat datangnya fajar sampai tenggelamnya matahari sehingga nuansa artistik dapat terasa di sekitaran bangunan ini.

  1. Hagia Sophia, Turki

Merupakan sebuah mesjid yang pada akhirnya difungsikan sebagai museum. Meski begitu, meuseum yang dimaksud bukanlah sejenis museum seni rupa dan keramik yang pernah kita bahas sebelumnya. Sebelum menjadi mesjid, bangunan ini merupakan sebuah gerjea orthodox. Dipengaruhi oleh corak arsitektur islam, bangunan ini telah mengalami berbagai macam modifikasi dengan corak dan gaya bangunan mesjid. Gaya bizantium pada arsitektur bangunan ini benar-benar mempesona dan bahakn menutupi sejarah besar dibaliknya.

  1. Burj Khalifa, Uni Emirat Arab

Sampai dengan saat ini, Burj Khalifa merupakan bangunan tertinggi didunia. Burj Khalifa berarti ‘menara khalifa’. Sebelumnya ia disebut Burj Dubai atau menara pencakar langit di dubai, Uni Emirat Arab. Selain menjadi bangunan tertinggi, menara ini dilengkapi dengan lift berkecepatan 60 km/jam atau setara dengan 16,7 m/s.

  1. Angkor Watt, Kamboja

Adalah sebuah kuil yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Suryawarman II pada pertengahan abad ke-12. Dibangun selama kurang labih 30 tahun, bangunan ini menjadi kuil yang indah dan yang paling terkenal di dataran Angkor. Pengaruh Hindu sangat besar dalam pembangunannya karena Raja Suryawarman II juga memerintahkan pembangunan ini berdasarkan kepercayaan Hindu. Konon katanya, tempat ini merypakan tempat tinggal daripada dewa-dewi pada kepercayaan Hindu.

  1. Great Wall, China

Tembok besar China yang konon katanya dibangun selama berabad-abad oleh tangan manusia. Panjang keseluruhan bangunan ini adalah 5,500 mil atau sama dengan 8.851 km. Bahan bangunan yang digunakan untuk membangun bangunan ini diantaranya batu, tanah liat, batu kapur ataupyn puing-puing kayu. Lebih dari 500.000 orang membangun tembok ini selama berabad-abad dan ditemukan pertama kali oleh Bento de Gois seorang penjelajah dari portugis.

  1. Gyeongbokgung Palace, Korea

Merupakan istana utama dari Dinasti Joseon yang berkuasa pada sekitar tahun 1395. Makna dari nama bangunan ini adalah ‘tempat yang diberkati oleh kahyangan. Terletak di jantung kota, seoul, bangunan ini

  1. Ka’bah, Mekah

Ka’bah merupakan monumen suci bagi umat muslim yang berada di tengah-tengah masjidil haram dan berbetuk kubus. Monumen ini juga dijadikan sebagai penentuarah kiblat. Situs ini telah ada sejak masa Nabi Ibrahin dan Nabi Ismail. Sekitar tahun 600 M bangunan ini direnovasi karena dampak dari banjir bandang yang melanda kota mekah. Dimensi dari bangunan yang juga memiliki julukan Baitullah ini adalah 13,10m x 11,03m x 12,62m.

  1. Istana Alhambra, Spanyol

Bangunan bercorak islam tidak hanya ada di kawasan timur tengah ataupun asia, tapi juga ada di daerah atau kawasan mediterania. Contohnya saja Istana Al Hambra yang terletak di Spanyol ini. Hal ini membuktikan bahwa kerajaan islam pernah berjaya di spanyol. Dinding bangunan ini dilengkapi dengan ukiran kaligrafi islam yang ditulis pada batu marmer.


  1. Swhedagon, Myanmar

Dikenal dengan julukan pagoda emas Shwedagon ini adalah berupa stupa atau pagoda yang memiliki tinggi 321,5 kaki atau setara dengan 98 meter. Bangunan berlapis emas ini terletak di Yangon, Myamnar. Stupa ini merupakan stupa paling susci bagi masyarakat birma karena banyak menyimpan relik Buddha.

  1. Piramida, Mesir

Khufu Pyramids merupaka bangunan yang sangat mengangumkan karena menyimpan banyak sekali pemikiran cerdas dan arsitektur dan metode konstruksi yang maju. Termasuk ke dalam salah satu dari 7 keajaiban dunia dan juga menjadi lambang pada mata uang Dollar Amerika. Memiliki ukuran 30 kali lipat lebih besar dibandingkan dengan Empire State Building di New York. Pembangunan piramida ini tidak henti-hentinya menuai decak kagum dari para ilmuwan karena menurut mereka teknik pembangunan piramida ini sulit sekali dilakukan. Kompleks piramida giza juga disebut-sebut memiliki konsep sabuk orion dimana jarak antar piramida sama dengan posisi 3 bintang sabuk orion.

  1. Himeji Kastil, Jepang

Istana ini merupakan salah satu istana yang kaya akan arsitektur dibandingkan dengan istana-istana jepang lainnya. Terletak di kota Himeji, Prefektur Hyuogo, Jepang. Diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO dan dibangun di atas gunung di tengah-tengah dataran. Himeji Kastil ini menggunakan sususan bangunan model teikaku yang berbentuk spiral dan berputar berlawanan arah arum jam sebanyak 3 kali. Setiap putarannya memiliki makna tersendiri.

Itulah contoh seni bangunan di berbagai dunia yang memiliki berbagai gaya serta fungsi yang berbeda-beda. Selain seni bangunan alangkah lebih baiknya kita juga ikut belajar dan mengenal tentang tokoh seni rupa indonesia, yang tentu saja merupakan bagian yang tidak dihilangkan dari penciptaan sebuah karya seni rupa Dari contoh bangunan di atas kita dapat menilai bahwa seni bangunan juga tidak luput dari faktor-faktor sosial. Semoga kita dapat mementik manfaat belajar seni dari artikel di atas dan terus melatih kemampuan kita dalam mengapresiasi berbagai macam karya seni agar tujuan apresiasi seni rupa tercapai yaitu  masyarakat luas tahu tentang apa, bagaimana dan alasan diciptakannya suatu karya seni rupa. Dan tetaplah berpegang teguh pada prinsip-prinsip seni rupa agar dapat menghasilkan karya seni yang mendunia.

, ,




Oleh :
Kategori : Arsitektur