Sponsors Link

30 Pengertian Seni Menurut Para Ahli Terlengkap

Sponsors Link

Seni sudah menjadi salah satu bagian dalam kehidupan manusia dari zaman ke zaman dari masa prasejarah hingga sekarang, keberadaan seni sangat melekat dalam setiap sendi kehidupan dan jiwa manusia sehingga tidak dapat terpisahkan sampai saat ini. Dengan adanya keterikatan antara seni dan manusia, seni semakin menjadi sesuatu hal yang menarik bagi sebagian besar orang baik dari negara dan suku manapun.

ads

Kata seni sendiri adalah kata yang berasal dari bahasa Sansekerta, yaitu kata “sani” yang memiliki makna “pemujaan”, “persembahan”, dan “pelayanan”. Jadi kata seni sejatinya memiliki keterikatan yang sangat erat dengan upacara keagamaan yang kemudian disebut juga dengan kesenian. Salah satu seorang pegiat seni yang bernama Padmapuspita berpendapat, bahwa seni itu berasal dari kata “genie” yang awalnya dari Bahasa Belanda yang dalam bahasa latin  berarti “genius”, dari penjelasan tersebut kemudian disimpulkan bahwa seni merupakan kemampuan luar biasa yang dibawa sejak lahir. Dalam bahasa Eropa sendiri kata seni condong ke arah penyebutan “Art” yang dapat diartikan sebagai artivisual dari suatu benda yang melakukan suatu kegiatan tertentu.

Artikel terkait:

Dengan seiring berkembangnya Zaman, kemudian bermunculan pula berbagai pendapat yang di sampaikan oleh para ahli yang  sekedar mendeskripsikan tentang seni dari sudut pandang mereka sendiri, dan berikut merupakan pengertian dari seni dari para ahli beserta penjelasanya.

  1. Pengertian Seni Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata seni mengandung tiga poin pengertian, dimana didalamnya menyatakan bahwa seni mempunyai pengetian:

  • Halus, kecil & halus, tipis & halus, lembut & enak di dengar, serta mungil & elok
  • Keahlian membuat karya yang bermutu
  • Kesanggupan akal untuk menciptakan sesuatu yang bernilai tinggi atau (luar biasa) orang yang berkesanggupan luar biasa.

Penjelasan:

Dalam kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) kata seni terdapat tiga poin utama, dimana didalamnya mencakup tentang pengertian seni yang dalam satu kata, kemudian di kedua poin selanjutnya menyatakan bahwa seni merupakan sebuah kesanggupan dan dan keahlian seseorang yang dapat membuat sesuatu yang memiliki nilai.

  1. Pengertian Seni Menurut Ensiklopedi Indonesia

Seni merupakan ciptaan dari segala hal, karena keindahannya orang akan senang untuk melihat ataupun mendengarkanya.

Penjelasan:

Dalam Ensiklopedi Indonesia kata seni diartikan sebagai sebuah ciptaan atau hasil karya dari tangan seseorang yang memilki nilai keindahan sehingga akan menimbulkan perasaan emosional yang positif bagi para penikmatnya, baik itu dengan cara melihat ataupun didengarkan.

  1. Pengertian Seni Mernurut Kottak

Seni sebagai kualitas, hasil ekspresi, alam keindahan atau segala hal yang melebihi keasliannya serta klasifikasi objek-subjek terhadap kriteria estetis.

Penjelasan:

Kottak menjelaskan bahwa pengertian dari kata seni tidak semata-mata hanya dari setiap buah karya dari tangan manusia saja, akan tetapi seni lebih universal dan menjelaskan bahwa seni adalah segalas sesuatu yang tercipta melebihi tingkat keaslian dari objek secara umum.

Artikel terkait: seni lukis

  1. Pengertian Seni Menurut J.J Hogman

Seni adalah sesuatu yang memiliki unsur ideas, activities, dan artifact.

Penjelasan:

Seni menurut J.J Hogman memiliki tiga poin atau tiga pilar utama, yaitu ideas, activities, dan artifact. Ideas bisa diartikan dengan wujud seni sebagai suatu yang kompleks dari ide-ide, gagasan-gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya. Sedangkan activities dapat diartikan sebagai suatu kompleks aktivitas serta tindakan berpola dari manusia dalam berkesenian. Dan terakhir artifact dapat diterjemahkan sebagai wujud seni melalui hasil karya yang dihasilkan oleh manusia.

  1. Pengertian Seni Menurut Aristoteles,

Menurut Aristiteles seni merupakan peniruan terhadap alam tetapi sifatnya harus ideal.

Penjelasan:

Aristoteles menjelaskan dan memaparkan bahwa seni sejatinya adalah sebuah peniruan terhadap alam yang memiliki sifat tepat guna atau ideal, sesuai dengan proporsi alam. Akan tetapi pendapat ini bisa menampik kekuatan seni yang sejatinya bisa diekspresikan bahkan jika sebuah karya tersebut adalah hanya dimiliki oleh imajinasi seseorang dan bersifat tidak mungkin.

  1. Pengertian Seni Menurut Plato & Rousseau

Plato & Rousseau  mengemukakan pendapatnya mengenai seni, dan menjabarkan bahwa seni merupakan hasil peniruan alam dengan segala seginya.

Penjelasan:

Tidak hanya Aristoteles yang mejelaskan bahwas seni merupakan tiruan alam, Plato dan Aristoteles juga berpendapat bahwa seni merupakan sebuah tiruan alam yang mencakup keseluruhan segi dari alam semesta ini.

Artikel terkait: jenis jenis komunikasi

  1. Pengertian Seni Menurut Ki Hajar Dewantara

Ki Hajar Dewantara menjelaskan bahwa menurutnya Seni merupakan segala perbuatan manusia yang timbul dari perasaan & sifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia.

Penjelasan:

Tokoh intelektual Indonesia sekelas ki Hajar Dewantara menjelaskan dengan detai bahwa seni adalah suatu tindakan atau aktifitas dari perbuatan yang dilakukan oleh manusia yang bermula dari perasaan, yang diidentikan dengan perasaan yang indah-indah yang akhirnya dapat dan sampai ke jiwa dan memiliki pengaruh emosional terhadap perasaan yang ditimbulkan dari melihat atau mendengar sebuah seni.

Ki Hajar Dewantara adalah pelopor pendidikan masyarakat Indonesia ketika ada pada jaman Penjajahan kompeni Belanda. Ki Hajar lahir pada tanggal 2 Mei 1889 di Kota Yogyakarta, yang kemudian hari kelahirannya itu diperingati oleh masyarakat Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional.

Artikel terkait:

Ki Hajar Dewantara yang sering disebut sebagai Bapak Pendidikan Nasional punya definisi khusus mengenai seni. Menurutnya seni adalah hasil keindahan yang dapat menggerakkan perasaan indah orang yang melihatnya. Oleh karenanya menurut Ki Hajar Dewantara, perbuatan manusia yang dapat menimbulkan perasaan indah dapat dikategorikan sebagai seni.

ads
  1. Pengertian Seni Menurut Ahdian Karta Miharja

Menurutnya Ahdian Karta Miharja seni merupakan kegiatan rohani yang mereflesikan realitas dalam suatu karya yang bentuk & isinya mempunyai untuk membangkitkan pengalaman tertentu dalam rohaninya penerimanya.

Penjelasan:

Ahdian Karta Miharja menjelaskan bahwa seni memiliki keterikatan dengan rohani manusia, dimana kemudian dijelaskan bahwa seni kemupakan sebuah aktifitas rohani yang menggambarkan realitas menghasilkan suatu karya yang nanti hasilnya dapat memberikan sebuah kesan mendalam bagi penikmatnya.

  1. Pengertian Seni Menurut Drs. Sudarmaji

Menurutnya Drs. Sudarmaji seni merupakan segala manifestasi batin & pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume & gelap terang.

Penjelasan:

Drs. Sudarmaji adalah seorang pelukis sekaligus kritikus seni rupa. Menurutnya, seni adalah segala manifestasi batin dan pengalaman estetis dengan menggunakan media bidang, garis, warna, tekstur, volume dan gelap terang.

Drs. Darmaji menjelaskan bahwa seni bukan hanya sebuah karya akan tetapi tumbuh menjadi sebuah manifestasi batin yang didalamnya kan menggugah suatu pengalaman yang memiliki keindahan dengan menggunakan berbagai media dalam berkesenian seperti media bidang, garis, warna, tekstur, volum, dan juga galap serta terang.

  1. Pengertian Seni Menurut Drs. Popo Iskandar

Drs. Popo Iskandar menjelaskan menurutnya seni merupakan hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok.

Penjelasan:

Seni menurut Drs. Popo Iskandar digambarkan dengan sebagai sarana komunikasi yang diungkapkan dalam sebuah karya sehingga dapat memberikan suatu bentuk pengalaman berupa kesadaran sosial bagi manusia dalam menjalani kehidupanya baik di skala kelompok maupun masyarakat luas.

Popo Iskandar adalah seorang pelukis kenamaan Indonesia. Pria ini kelahiran Garut, 17 Desember 1927. Ia juga tercatat sebagai dosen di Fakultas Seni Rupa ITB (1957-1961) dan dosen di IKIP Bandung (1961-1993).

  1. Pengertian Seni Menurut Drs. Suwaji Bastomi

Prof. Drs. Suwaji bastomi menjelaskan bahwa menurutnya seni merupakan aktivitas batin dengan pengalaman estetika yang menyatakan dalam bentuk agung yang memiliki daya membangkitkan rasa takjub & haru.

Penjelasan:

Prof. Drs. Bastomi menyatakan bahwa seni merupakan sebuah kegiatan atau aktifitas batin bagi seseorang yang nantinya akan menghasilkan pengalaman estetika berupa karya yang agung dan memiliki daya tarik yang membuat orang lain merasa takjub dan haru.

  1. Pengertan Seni Menurut Schopenhaur

Seni menurut Schopenhauer merupakan segala usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang sangat menyenangkan. Menurut tiap orang senang dengan fungsi seni musik meskipun seni musik ialah seni yang paling abstrak

Artikel terkait:

Penjelasan:

Schopenhaur menjelaskan bahwa seni merupakan kegiatan yang menyenangkan melalui penciptaan sesuatu bentuk (Hasil karya). Sebagai contoh Schopenhaur menyatakan bahwa semisal seni musik akan sangat dicintai oleh semua orang dari berbagai kalangan walaupun seni musik dianggap sebaia sebuah seni yang paling abstrak akan tetapi selalu menjadi seni yang dapat dinikmati.

  1. Pengertain Seni Menurut Eric Ariyanto

Erik Ariyanto menjelaskan bahwa seni adalah suatu kegiatan rohani atau aktivitas batin yang di refleksikan dalam bentuk karya yang dapat membangkitkan perasaan orang lain yang melihat atau mendengarkannya.

Penjelasan:

Erik Ariyanto menjelaskan bahwa seni adalah sebuah aktifitas atau kegiatan emosional yang penciptaanya dapat merefleksikan emosi seseorang, dan seni juga dapat membangkitkan perasaan orang lain termasuk penikmatnya baik ketika melihat atau mendengarkan.

  1. Pengertian Seni Menurut Kutjaraningrat

Menurutnya Kutjaraningrat seni merupakan suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, & peraturan dimana kompleks aktivitas & tindakan berpola dari manusia dalam masyarakat & biasanya berwujud benda-benda hasil manusia.

Penjelasan:

Kutjaraningrat menerangkan bahwa seni pada dasarnya adalah suatu ide atau gagasan yang timbul dari manusia yang kemudian diwujudkan atau direalisaikan dalam bentuk sebuah benda yang akhirnya disebut sebagai karya seni. Benda-benda tersebut akan memiliki sebuah ide, gagasan, nilai, norma, dan aturan sesuai tindakan berpola dari manusia dalam menjalani kehidupanya di masyarakat.

Pak Koentjaraningrat adalah salah satu orang merintis berdirinya sebelas jurusan antropologi di beberapa universitas di Indonesia. Ilmuwan yang mempunyai kemahir dalam berbahasa Belanda dan bahasa Inggris ini juga sangat tekun menulis. Beberapa karya tulisnya sudah menjadi rujukan bagi dosen dan mahasiswa di seluruh Indonesia. Ia banyak menulis mengenai perkembangan antropologi Indonesia. dari tahun 1957 sampai 1999, beiau telah menghasilkan puluhan buku dan ratusan artikel.

  1. Pengertian Seni Menurut William A. Haviland

Willian A. Haviland menjelaskan bahwa seni adalah keseluruhan sistem yang melibatkan proses penggunaan suatu imajinasi manusia secara kreatif didalam sebuah kelompok masyarakat dengan kebudayaan tertentu.

Penjelasan:

Menurut William A. Haviland seni dapat dijabarkan sebagai segala sesuatu yang melibatkan aktifitas manusia dalam berimajinasi dan hidup dalam suatu kelompok masyarakat di sutu kebudayaan.

  1. Pengertian Seni Menurut Irving Stone

Irving Stone menjelaskan bahwa seni merupakan kebutuhan pokok. Seperti roti atau anggur ataupun mantel hangat dimusim dingin. Mereka yang mengira kesenian ialah barang mewah, pikirannya tidak utuh. Roh manusia menjadi lapar akan kesenian seperti halnya perutnya keroncongan minta makan.

Penjelasan:

Irving Stone menjelaskan bahwa sebuah seni merupakan seseuatu yang sangat fundamental dalam kehidupan manusia, Stone bahkan menganggap bahwa seni adalah sebagai suatu kebutuhan dasarbagi manusia seperti halnya roti atau anggur. Stone menegaskan dengan sangat tajam bahwa seni memang adalah salah satu bagian dalam kehidupan manusia yang bersifat pokok, seni tidak dianggap sebagai sesuatu yang mewah, dan mengecap bahwa orang yang tidak menggap seni adalah sebagian dari dasar hidup mereka adalah orang-orang yang tidak utuh secara lahir rohani.

  1. Pengertian Sseni Menurut Nuning. Y Damayanti

Dra.Nuning Y.Damayanti menggapngap seni  pada mulanya ialah proses dari manusia, & oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia.

Penjelasan:

Dra.Nuning Y.Damayanti menjelaskan kesenian sebagai yang dahulu hanya sebuah proses dalam kehidupan manusia yang memiliki kesamaan kedudukan dengan ilmu. Saat ini kemudian menganggap seni sebagai bahan dari ekspresi dari keratifitas yang dihasilkan oleh manusia.

  1. Pengertian Seni Menurut Ira Andriati, M.Sn

Menurut Ira Adriati, M.Sn, seni merupakan proses & produk dari memilih medium, & suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, & suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, dan untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu.

Artikel terkait: karakteristik kebudayaan

Penjelasan:

Ira Andriati, M.Sn menjelaskan bahwas seni merupakan medium yang nantinya bisa dijadikan pilihan, kemudian selanjutnya digunakan sebagai pengantar nilai, gagasan, kepercayaan, sensasi, perasaa melalui media seni sehingga dapat sampai ke penikmatnya.

  1. Pengertian Seni Menurut Irma Damayanti, M.Sn,

Irma Damayanti, M.Sn menjelaskan bahwa senii bisa dilihat dalam intisari ekspresi dari kreatifitas manusia. Dan seni sangat sulit untuk dijelaskan serta juga sulit dinilai, bahwa masing-masing individu artis memilih sendiri peraturan & parameter yang menuntunnya atau kerjanya.

Penjelelasan:

Irma Damayanti, M.sn menyatakan bahwa seni adalah sebuah inti atau wujud dari keratifitas manusia, yang nantinya tidak bisa dihakimi dengan nilai tertentu. Karena sebuah kesenian akan menimbulkan efek yang berbeda beda bagi setiap orang. Sehingga sitiap individu memiliki parameter tersendiri untuk menilai sebuah kesenian.

  1. Pengertian Kesenian Menurut Drs. Rizki Akhmad Zaelani

Menurut  Drs.Rizki Akhmad Zaelani Kata “seni” merupakan sebuah kata yang semua orang di pastikan mengenalnya, walaupun dengan kadar pemahaman yang berbeda. Konon kabarnya kata seni ini berasal dari kata “SANI” yang kurang lebih artinya “Jiwa Yang Luhur atau Ketulusan jiwa”. Dan mungkin saya memaknainya dengan keberangkatan orang atau seniman saat akan membuat karya seni, namun menurut kajian ilimu di eropa mengatakan “ART” atau (artivisial) yang artinya kurang lebih ialah barang atau atau karya dari sebuah kegiatan. Namun kita tidak usah mempersoalkan makna ini, karena dalam kenyataannya kalau kita memperdebatkan makna yang seperti ini akan semakin memperkeruh suasana kesenian, biarlah orang memilih yang mana terserah mereka.

Penjelasan:

Drs.Rizki Akhmad Zaelani menyatakan seni merupakan barang atau karya yang dihasilkan dari kegiatan yang dilakukan oleh seseorang. Akan tetapi Drs.Rizki Akhmad Zaelani tidak dapat menyimpulkan kesenian secara sepihak sehingga menurutnya setiap orang memiliki pilihan tersendiri untuk memaknai sebuah seni.

  1. Pengertian Seni Menurut Alexander Baum Garton

Menurut Alexander Baum Garton seni adalah keindahan & seni ialah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

Penjelasan:

Alexander Baumgarton Lahir di Berlin, Jerman. Dan merupakanAnak ke-5 dari 7 bersaudara. Menurut Alexander Baumgarten yang merupakan filsuf Jerman yang hidup di tahun 1700-an, seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan. Alexander Baumgarten dikenal sebagai orang yang pertama kali menggunakan kata “estetika” di tahun 1735. (baca: perbedaan seni dan keindahan)

Alexander Baum Garton menyatakan bahwa seni adalah sebuah keindahan yang akan menghubungkan seorang penikmat seni menuju perasaan bahagia atas dasar keterikatan emosional dari penciptaan sebuah karya seni.

Sponsors Link

  1. Pengertian Seni Menurut Emanuel Kant

Emanuel Kant menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan seni adalah merupakan sebuah impian karena rumus-rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

Penjelasan:

Emanuel Kant menyatakan bahwa seni adalah impian yang tiada batas, artinya sebuah kesenian adalah penhancur tembok ketidakmampuan atas keterbatasan kenyataan yang ada dalam kehidupan. Seni dapat mengandalkan majinasi sekalipun itu tidak mungkin, akan tetapi tetap menjadi sebuah karya yang dapat dinikmati.

Kata Immanuel Kant yang merupakan filosof asal Jerman pada abad ke-18 yang memiliku pengaruh besar bagi dunia intelektual, selain di dunia intelektual dia juga merambah ke etika polotik, metafisika, teologi hingga estetika yang secara mendalam mempengaruhi epistemologi selanjutnya

  1. Pengertian Seni Menurut Leo Tolstoy

Seni menurut Leo Tolstoy ialah rasa yang menimbulkan kembali perasaan yang pernah dialami.

Penjelasan:

Seni menurut Leo Tolstoy adalah semacam dejavu perasaan, sebuah rasa atau pengalaman yang akan menimbulkan lagi perasaan yang pernah dialami dahulu.

  1. Pengertian Seni Menurut Herbet

Herbert menyatakan bahwa istilah “art” pada umumnya dihubungkan dengan bagian seni yang biasa ditandai dengan istilah “plastic” atau “visual”, tetapi semestinya di dalamnya termasuk pula jenis-jenis seni sastra & seni musik.

Artikel terkait:

Penjelasan:

Herbert mengemukakan bahwa seni tidak terbatas akan hal-hal yang hanya bisa ditangkap oleh visualisai yang diterima indra pengliahatan manusia, akan tetapi lebih luas akan perasaan indah bahkan ketika mendengar dan merasakan karya sastra atau perasaan bahagia ketika mendengarkan sebuah alunan seni musik.

  1. Pengertian Seni Menurut Akhdiat Kartamiharja

Akhdiat Kartamiharja menyatakan bahwa seni adalah kegiatan psikis (rohani) manusia yang merefleksi kenyataan (realitas). Karena bentuk dan isi karya tersebut memiliki daya untuk membangkitkan dan menggugah pengalaman tertentu dalam alam psikis si penikmat atau apresiator.

Penjelasan:

Akhdiat Kartamiharja mengartikan seni sebagai sesuatu aktifitas rohaniah dari seseorang direalisasikan dengan sebuah karya, yang kemudian dapat dinikmati dan menimbulkan pengalaman tertentu bagi para penikmat seni.

  1. Pengertian Seni Menurut Chatrin Muler

Chatrin Muler menjelaskan bawa seni merupakam sesuatu yang berhubungan dengan karya cipta seseorang yang dihasilkan dari unsur rasa.

Penjelasan:

Chaterin Muler menjabarkan bawa seni memiliki hubungan baik dengan perasaan seseorang, diman ketika seseorang menciptakan sebuah karya seni maka akan terjalin hubungan karya yang diciptakan dengan perasaan seniman pembuatnya.

  1. Pengertian Seni Menurut Nandawan L. Hasanah

Pengertian seni menurut Nandawan L. Hasanah adalah suatu ekspresi yang ditunjukkan oleh manusia yang memiliki unsur keindahan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang nyata dan bisa dinikmati oleh seluruh panca indra manusia.

Penjelasan:

Seni menurut Nandawan L. Hasanah berhubungan dengan semua bentuk ekspresi manusia yang dapat dinikmati dari segi keindahannya, dan kemudian diungkapkan dalam sebuah media yang bisa disuguhkan dan dinikmati oleh seluruh panca indra manusia.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 05th, January 2017 / 07:35 Oleh :
Kategori : Dasar Seni