Sponsors Link

5 Keunikan Tari Jaipong yang Wajib Diketahui

Keunikan tari jaipong yang sangat menonjol adalah gerakan tariannya yang sangat enerjik ditambah kostumnya yang mencolok. Bagi kalian yang pernah menonton pertunjukan tari jaipong pastinya sudah mengetahui bahwa tarian yang satu ini sama sekali tidak membosankan. Meskipun tari tradisional tapi tari jaipong disukai oleh hampir semua kalangan umur.

ads

Bangsa Indonesia memang dikenal sebagai negara yang tidak hanya kaya akan hasil bumi tapi juga kaya akan kebudayaannya. Mulai di bidang seni tariseni sastra, seni rupa (seni rupa terapan & seni rupa murni), seni musikseni bangunan dan lain sebagainya.

Keunikan gerak tari Daerah Indonesia memang sangatlah banyak dan rasanya sulit jika harus disebutkan satu-satu. Setiap provinsi bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam, seperti kebudayaan suku jawakebudayaan suku batakkebudayaan nusa tenggara timur termasuk provinsi jawa barat yang memiliki tarian unik, yaitu tari jaipong. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai Tari jaipong dan keunikannya sebagai daya tarik utama tarian khas daerah jawa barat. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Apa Itu Tari Jaipong?

Menurut sejarahnya, tari jaipong ini lahir dari buah pikir seorang Haji Suanda Pada tahun 1976. Ia merupakan seniman kelas atas yang berasal dari Karawang. Talentanya yang sangat besar mampu melahirkan kreasi gerakan tari yang terkenal hingga saat ini. Dalam prosesnya ia menggabungkan unsur-unsur seni pertunjukan dan menginovasikannya menjadi sebuah pertunjukan yang unik. Dari situlah lahir sebuah pertunjukan (yang pada saat itu belum disebut tari jaipong) yang mengagumkan.

Karya Haji Suanda yang satu ini kerap menjadi hiburan yang fenomenal dikalangan masyarakat. Tidak hanya menarik perhatian masyarakat biasa namun jaipong pada saat itu juga turut memancing antusiasme para seniman lainnya.

Gugum Gumbira merupakan salah satu seniman yang amat tertarik dengan hasil kreasi Haji Suanda tersebut. Ia menjadi getol sekali belajar gerakan-gerakan tarinya. Kemudian setelah menguasai gerakan tari tersebut, Gugum Gumbira mengemas ulang gerakan-gerakan yang terdapat dalam tarian tersebut menjadi gerakan baru dan memperkenalkannya sebagai Tari Jaipong pada masyarakat Bandung.

Keunikan Tari Piring

Setelah mengetahui secara singkat mengenai penjelasan tari jaipong, kita juga harus tahu keunikan-keunikan yang melatarbelakangi tarian ini. Keunikan tarian yang akhirnya menciptakan daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Apa saja keunikannya? Ini dia :

Sponsors Link

  1. Tidak seperti beberapa tarian daerah dengan sifat lemah lembut, justru gerakan tarian enerjik yang dibawakan oleh para penari ini membuat orang yang menontonnya tidak merasa bosan sama sekali.
  2. Musik pengiringnya juga membuat tarian ini semakin menarik dan gembira. Dengan perpaduan alat musik seperti Gendang, Gong, Alat Musik Ketuk, dan vokal sindennya dipadupadankan dengan sangat baik.
  3. Kostum Para penari yang identik dengan para penarinya
  4. Meskipun berasal dari Jawa Barat, tapi nama Tari Jaipong pastinya dikenal hingga keseluruh pelosok negeri ini.
  5. Ciri khasnya yang paling kental adalah gaya kaleran atau berarti keceriaan, erotis, humoris, semangat, spontanitas dan kesederhanaan.

Itulah penjelasan mengenai Keunikan Tari Jaipong yang pastinya bermanfaat bagi kalian semua. Keunikan tarian lain seperti keunikan tari saman, keunikan tari kecak dan keunikan tari piring dari minangkabau juga telah dibahasa sebelumnya. Semoga dengan mengetahui informasi yang diberikan kali ini dapat meningkatkan apresiasi kita dan dapat memetik manfaat belajar seni.

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari