Sponsors Link

5 Keunikan Tari Pendet yang Wajib Diketahui

Keunikan Tari Pendet yang berasal dari bali ini terletak pada media ‘bokor’ yang di bawa oleh setiap penari yang membawakannya juga gerakan mata (seledet) yang sangat unik. Selain keunikan tari kecak yang terkenal, Bali juga memiliki seni tari lain yang tidak kalah terkenal, yaitu Tari Pendet. Jika kalian melihat tarian ini, kalian pasti akan langsung mengenalnya sebagai Tari Pendet yang berasal dari Bali.

ads

Bangsa Indonesia memang dikenal sebagai negara yang tidak hanya kaya akan hasil bumi tapi juga kaya akan kebudayaannya. Mulai di bidang seni tariseni sastra, seni rupa (seni rupa terapan & seni rupa murni), seni musikseni bangunan dan lain sebagainya.

Keunikan gerak tari Daerah Indonesia memang sangatlah banyak dan rasanya sulit jika harus disebutkan satu-satu. Setiap provinsi bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam, seperti kebudayaan suku jawakebudayaan suku batakkebudayaan nusa tenggara timur termasuk provinsi Bali yang memiliki tarian unik, yaitu tari pendet. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai Tari pendet dan keunikannya sebagai daya tarik utama tarian khas daerah bali. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Apa Itu Tari Pendet?

Seperti kebanyakan tari daerah lainnya, Tari pendet pun pada awalnya merupakan tari pemujaan yang biasa dilakukan oleh masyarakat Bali. Pemujaan yang dimaksud adalah perlambangan dari penyambutan atas turunnya sang dewata ke alam dunia. Diciptaka oleh I Wayan Rindi yang merupakan seorang maestro tari.

Meski pada awalnya berfungsi sebagai tari pemujaan, tetapi lambat laun, seiring dengan perkembangan zaman, tarian ini menjadi ‘tarian ucapan selamat datang’ setelah digubah oleh pada seniman Bali. Tentunya dengan tidak menghilangkan nilai-nilai sakral-religius yang dikandungnya.

Pendet merupakan jenis tarian yang dapat dibawakan oleh semua orang, baik laki-laki ataupun perempuan, Anak-anak maupun dewasa. Bahkan orang yang baru belajarpun akan dapat dengan mudah mengikuti gerak tarian ini.

Keunikan Tari Pendet

Setelah mengetahui secara singkat mengenai penjelasan tari jaipong, kita juga harus tahu keunikan-keunikan yang melatarbelakangi tarian ini. Keunikan tarian yang akhirnya menciptakan daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Apa saja keunikannya? Ini dia :

  1. Gerakan tarian yang khas dengan liukan badan penari yang gemulai
  2. Salah satu dari sedikit tarian kelompok dengan karakteristik yang semangat, energik dan ekspresif!
  3. Para penari membawa sebuah bokor atau piring besar yang berbentuk cekung serta bertepian lebar dalam setiap tariannya. Bokor sendiri bisanya terbuat dari logam.
    Sponsors Link

  4. Sikap tarian ini mencakup gerakan tangan, kepala, bahu dan kaki yang khas sekali.
  5. Yang terakhir, yang pastinya sangat unik adalah gerakan mata (seledet) yang dilakukan para penari. Mereka akan menggerak-gerakkan mata ke kiri ke kanan dengan tegas.

Itulah penjelasan mengenai Keunikan Tari Pendet yang pastinya bermanfaat bagi kalian semua. Keunikan tarian lain seperti keunikan tari saman, keunikan tari kecak dan keunikan tari piring dari minangkabau juga telah dibahasa sebelumnya. Semoga dengan mengetahui informasi yang diberikan kali ini dapat meningkatkan apresiasi kita dan dapat memetik manfaat belajar seni.

, , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari