Sponsors Link

Kerajinan Tangan dari Sulawesi Selatan dan Penjelasannya

Sulawesi Selatan merupakan wilayah yang dikelilingi oleh berbagai macam pulau-pulau. Wilayah maritim tersebut membuat Sulawesi Selatan kaya akan beberapa hal, salah satunya adalah kerajinan tangannya. Beberapa kerajinan tangan dari Sulawesi Selatan ialah :

ads

1.Miniatur Tau-tau

Kalau kamu pernah berkunjung ke destinasi wisata pekuburan Tana Toraja, pasti akan temukan patung orang-orangan di depan kuburan tersebut. Nah, itu dia yang namanya Tau-tau.

Patung orang-orangan itupun dibuat tak sembarangan lho. Harus dilakukan sama pengrajin khusus. Buat kamu yang tertarik dengan Tau-tau ini tak perlu khawatir, karena sudah banyak dijual cinderamata berupa miniatur Tau-tau yang bisa kamu bawa pulang. kerajinan tangan dari papua bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Kain Tenun

Selanjutnya  kerajinan tangan Sulawesi Selatan yang tak boleh ketinggalan. Dia adalah kain tenun Toraja dan kain sutera Sengkang. Kalau kain tenun Toraja ini lebih mudah dikenali dengan ragam motif, warna, dan teksturnya.

Makin rumit, maka harganya pun akan makin mahal, mengingat pengerjaannya yang pastinya memakan waktu lebih lama. Sementara sutera Sengkang ini ada ada banyak variasinya. Dari yang bahan campuran sutera hingga yang asli 100 persen berbahan sutera. kerajinan tangan dari lampung bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

3. Miniatur Perahu Phinisi

Perahu phinisi adalah sebuah kapal kayu tradisional buatan tangan kebanggaan masyarakat sulawesi selatan,gaungnya sudah mendunia karena sudah berlayar dan menjelajah samudera di seluruh dunia.

Kapal Pinisi ini sudah sejak berabad-abad yang lalu,bahkan menurut catatan sejarah,cikal bakal kapal pinisi sudah ada sebelum tahun 500-an.salah satu lokasi pembuatan perahu pinisi yang populer saat ini adalah Tana Beru di Bulukumba.

4. Songkok Bone

Songkok satu ini mungkin sering kamu lihat dikenakan para pemuka atau pejabat Sulawesi Selatan saat upacara adat. Di namakan Bone karena asal songkok dari Kabupaten Bone. Sebutan lainnya adalah songkok recca. Kamu bisa jadikan salah satu kerajinan tangan khas sulse ini sebagai buah tangan.

Songkok ini berbahan baku pelepah daun lontar yang dipukul dan ditumbuk hingga bersisa seratnya. Ada dua macam yaitu songkok pamiring yang berarti berhias benang emas dan songkok pamiring ulaweng yang berarti songkok berpinggir emas sungguhan.

5. Miniatur Tongkonan

Tongkonan adalah rumah adat Toraja dengan bentuk atap menyerupai perahu yang terdiri atas susunan bambu.Miniatur Tongkonan ini merupakan salah satu kerajinan tangan khas sulsel yang diukir dan dibentuk berdasarkan desain asli.Miniatur Tongkonan merupakan cinderamata yang cukup digemari wisatawan baik lokal maupun internasional.

6. Perhiasan dari manik-manik

Manik-manik memang terkesan sederhana, tapi jika dirangkai bisa menghasilkan pernak-pernik yang indah. Bukan hanya keindahannya, kerajinan manik-manik dari Sulawesi Selatan memiliki motif yang khas. Selain sebagai perhiasan, manik-manik bisa dirangkai menjadi aksesoris lain seperti tas atau disebut Sepu Toraja.

7. Batik Toraja

Kain batik sudah menjadi salah satu kain yang menggambarkan budaya Nusantara. Setiap daerah memiliki motif masing-masing yang disesuaikan dengan adat dan budaya setempat.

Motif lain batik di Sulawesi Selatan antara lain Pa’teddong atau kepala kerbau dan Tongkonan. Kedua hal tersebut memiliki makna tersendiri bagi masyarakat Sulawesi Selatan, terutama masyarakat Toraja. Bukan hanya untuk pakaian, sebagian suku memakai kain dengan motif tertentu untuk acara adat.


8. Sarung Khas Bugis

Kain Nusantara yang bisa kamu jadikan cendera mata selain batik dan kain tenun adalah kain sarung. Jika kamu berkunjung ke Sulawesi Selatan, maka akan kamu temui sarung khas Bugis. Sarung tersebut biasanya memiliki motif garis vertikal dan horisontal dengan warna cerah. Bagi orang Bugis, sarung memiliki filosofi tertentu dan dapat dijadikan pertanda bagi pemakainya.

Ternyata ada begitu banyak kerajinan tangan yang berasal dari Sulawesi Selatan. Jika anda berkunjung kesana, jangan lupa untuk memebeli beberapa barang tersebut untuk dijadikan sebagai buah tangan.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kerajinan Tangan