Sponsors Link

6 Keunikan Tari Gambyong yang Wajib Diketahui

Keunikan Tari gambyong terletak pada warna kostum yang digunakan, yakni hijau dan kuning, sebagai simbol dari kemakmuran dan kesuburan. Selain itu gerakan penari yang lemah kembut dan gemulai juga menjadi keunikan tersendiri karena menggambarkan karekater para wanita jawa tengah.

ads

Bangsa Indonesia memang dikenal sebagai negara yang tidak hanya kaya akan hasil bumi tapi juga kaya akan kebudayaannya. Mulai di bidang seni tariseni sastra, seni rupa (seni rupa terapan & seni rupa murni), seni musikseni bangunan dan lain sebagainya.

Keunikan gerak tari Daerah Indonesia memang sangatlah banyak dan rasanya sulit jika harus disebutkan satu-satu. Setiap provinsi bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam, seperti kebudayaan suku jawakebudayaan suku batakkebudayaan nusa tenggara timur termasuk provinsi jawa tengah yang memiliki tarian unik, yaitu tari Gambyong Nah, kali ini kita akan membahas mengenai Tari Gambyong dan keunikannya sebagai daya tarik utama tarian khas daerah jawa barat. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Apa itu Tari Gambyong?

Asal kata ‘Gambyong’ pada mulanya merupakan nama seorang wanita terpilih / wanita penghibur. Wanita penghibur ini pandai membawakan tarian yang indah dan lincah. Nama wanita tersebut adalah Waranggana dengan nama Mas Ajeng Gambyong. Beliau hidup pada zaman Sinuhun Paku Nuwono IV di Surakarta, atau sekitar tahun 1788 sampai dengan 1820. Beliau ini terkenal di seantero Surakarta sehingga tercipatalah nama Tari Gambyong.

Namun secara istilahnya, tari gambyong juga dapat diartikan sebagai tarian yang dipertunjukan secara tunggal oleh seorang wanita untuk membuka sebuah pentas tari. Gambyong atau dalam bahasa jawa Gambyongan memiliki arti ‘Boneka yang terbuat dari kayu’.

Jika tari merak memiliki tarian yang lincah, gembira dan semangat, maka gerakan para penari wanita gambyong ini justru memiliki karakter yang lemah lembut dan gemulai. Hal tersebut sangat mencerminkan sikap dan watak para wanita Jawa tengah.

Keunikan Tari Gambyong

Setelah mengetahui secara singkat mengenai penjelasan tari Gambyong, kita juga harus tahu keunikan-keunikan yang melatarbelakangi tarian ini. Keunikan tarian yang akhirnya menciptakan daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Apa saja keunikannya? Ini dia :

  1. Gerakan atau koreografi dari Tari gambyong ini berpusat pada gerakan kaki, tubuh, lengan serta kepala yang halus dan terkendali. Gerakan mata akan mengikuti arah gerak tangan dengan fokus pada jari-jari tangannya.
  2. Pembawaan gerakan yang dibawakan oleh para penari sangatlah lemah lembun nan gemulai, yang mencerminkan karakter dari para wanita Jawa Tengah yang memiliki sikap dan watak lemah lembut.
  3. Senyuman yang anggun nan cantik dari para penari harus dilakukan ketika sedang menari. Jadi, dalam keadaan apapun atau suasana hati bagaimanapun, para penari harus menunjukan senyumannya yang cantik
  4. Kostum yang digunakan haruslah berupa kemben dengan bahu yang terbuka hingga bagian dada. Sedangkan bawahannya menggunakan kain panjang bermotif batik. Dan harus selalu menggunakan selendang pada kostum tariannya.
  5. Fokus warnanya merupakan kuning dan hijau sebagai simbol kemakmuran dan kesuburan pertanian.
  6. Gending Pangkur selalu dibawakan untuk membuka tarian

Itulah penjelasan mengenai Keunikan Tari Gambyong yang pastinya bermanfaat bagi kalian semua. Keunikan tarian lain seperti keunikan tari saman, keunikan tari kecak dan keunikan tari piring dari minangkabau juga telah dibahas sebelumnya. Semoga dengan mengetahui informasi yang diberikan kali ini dapat meningkatkan apresiasi kita dan dapat memetik manfaat belajar seni.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari