Sponsors Link

4 Keunikan Tari Balet yang Wajib Diketahui

Keunikan tari balet terletak pada tekniknya yang khas dan kostumnya yang tidak kalah otentik pula. Kita akan langsung mengenali para penari balet jika tengah menggunakan kostumnya yang khas tersebut. Mulai dari baju, rok payung dan sepatunya yang khas. Tidak hanya itu, keunikan lain dari tarian ini juga masih banyak, loh.

ads

Bangsa Indonesia memang dikenal sebagai negara yang tidak hanya kaya akan hasil bumi tapi juga kaya akan kebudayaannya. Mulai di bidang seni tariseni sastra, seni rupa (seni rupa terapan & seni rupa murni), seni musikseni bangunan dan lain sebagainya.

Keunikan gerak tari Daerah Indonesia memang sangatlah banyak dan rasanya sulit jika harus disebutkan satu-satu. Setiap provinsi bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam, seperti kebudayaan suku jawakebudayaan suku batakkebudayaan nusa tenggara timur, kebudayaan sumatera selatan, kebudayaan suku dayak, dll. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai Tari balet dan keunikannya sebagai daya tarik utama tarian yang berasal dari eropa ini. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Apa Itu Tari Balet?

Pastinya kalian semua sudah tidak asing dengan tarian yang satu ini. Ya, Tari Balet. Tarian yang bisa dipelajari dari usia anak-anak. Para penari balet biasanya disebut balerina. Nah, tari balet itu sendiri apa sih? Balet sebenarnya merupakan nama dari salah satu teknik tarian. Sedangkan kreasi tari yang menggunakan teknik ini dinamakan tari balet. Tari Balet tidak hanya memuat gerakan tari saja, melainkan padupadan antara mime, akting dan musik.

Pertunjukan balet bisa dibawakan oleh satu orang (tunggal) ataupun kelompok yang biasanya merupakan bagian dari opera. Teknik-teknik pada tarian ini diantaranya : Pointe work, Grand Pas de deux, dll.

Di Indonesia sendiri balet sangat terkenal dan memiliki banyak peminat. Tarian ini datang ke Indonesia pada tahun 1929 saat ada kunjungan dari Anna Pavlova dan Company. Saat itu mereka melakukan pertunjukan pada tanggal 8 Maret 1929. Pada saat itu Anna Pavlova menampilkan “The Magic Flute, Snowflakes” dan “Divertissements”. Anna Pavlova melakukan kunjungan ke Bandung, semarang dan surabaya.

Keunikan Tari Balet

Setelah mengetahui secara singkat mengenai penjelasan tari balet, kita juga harus tahu keunikan-keunikan yang melatarbelakangi tarian ini. Keunikan tarian yang akhirnya menciptakan daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Apa saja keunikannya? Ini dia :

  1. Kostum, Balet memiliki kostum yang khas dan unik serta memiliki fungsinya masing-masing. Kostumnya terdiri dari : Skirt yang membantu pembentukan posisi lengan dan tangan saat menari balet, Stocking yang berfungs untuk menopang bagian pinggang ke bawah yang kurang kencang,  Sepatu Balet dan Leotard atau kostum yang ketat yang dipakai oleh seorang balerina agar memiliki lekukan dan gerakan tarian yang dapat diihat dengan oleh penonton.
    Sponsors Link

  2. Gerakan dan teknik yang khas.
  3. Teknik yang digunakan mirip dengan olahraga Anggar, mungkin karena berkembang pada periode yang sama.
  4. Kaki para penari balet dikenal kuar karena mampu menopang tubung dengan ujung telapak kaki bahkan dengan jari-jari kaki.

Itulah penjelasan mengenai Keunikan Tari Balet yang pastinya bermanfaat bagi kalian semua. Keunikan tarian lain seperti keunikan tari saman, keunikan tari kecak dan keunikan tari piring dari minangkabau juga telah dibahasa sebelumnya. Semoga dengan mengetahui informasi yang diberikan kali ini dapat meningkatkan apresiasi kita dan dapat memetik manfaat belajar seni.

, ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari