Sponsors Link

5 Keunikan Tari Merak yang Wajib Diketahui

Keunikan tari merak terletak pada kostumnya yang memiliki bentuk seperti merak, mulai dari siger yang berbentuk seperti burung merak, sayap serta baju dengan motif bulu merak. Selain itu juga terdapat beberapa keunikan lainnya yang membuat tarian ini sangat khas dan menawan.

ads

Bangsa Indonesia memang dikenal sebagai negara yang tidak hanya kaya akan hasil bumi tapi juga kaya akan kebudayaannya. Mulai di bidang seni tariseni sastra, seni rupa (seni rupa terapan & seni rupa murni), seni musikseni bangunan dan lain sebagainya.

Keunikan gerak tari Daerah Indonesia memang sangatlah banyak dan rasanya sulit jika harus disebutkan satu-satu. Setiap provinsi bahkan setiap daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang beragam, seperti kebudayaan suku jawakebudayaan suku batakkebudayaan nusa tenggara timur termasuk provinsi jawa barat yang memiliki tarian unik, yaitu tari merak. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai Tari Merak dan keunikannya sebagai daya tarik utama tarian khas daerah jawa barat. Yuk, simak artikel di bawah ini!

Apa itu Tari Merak?

Berasal dari Jawa Barat, tarian ini sangat terkenal dengan cerita kehidupan meraknya yang menarik. Tari merak merupakan tarian kelompok yang menampilkan gerakan kreasi baru dengan mengekspresikan kehidupan seekor burung merak. Kreasi gerakan yang membentuk tarian ini diambil dari tingkah laku burung merak itu sendiri.

Tapi tahukah kamu bagaimana sejarah dari tarian ini? Jadi, pada sekitar tahun 1950-an seorang koreografer dari Jawa Barat, yaitu Tjetjep Soematri, mencipatakan sebuah gerakan-gerakan tari yang dinamakan sebagai tari merak. Beliau ini terinspirasi dari kehiudpan binatang yang memiliki bulu halus dan kepala seperti memakai mahkota tersebut.

Namun kini pada perkembangannya, tari merak kian mengalami perubahan. Pada mulanya, tarian ini dibawakan secara berpasang-pasangan. Yang melambangkan buruk merak jantan dan burung merak betina. Sedangkan pada hari ini kita banyak menjumpai pertunjukan tari merak yang hanya dibawakan oleh perempuan sebagai merak betina saja.

Keunikan Tari Merak

Setelah mengetahui secara singkat mengenai penjelasan tari merak, kita juga harus tahu keunikan-keunikan yang melatarbelakangi tarian ini. Keunikan tarian yang akhirnya menciptakan daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Apa saja keunikannya? Ini dia :

  1. Kostum yang digunakan oleh para penari sangat indah dan benar-benar menggambarkan buruk merak. Bajunya dibuat seperi bulu merak yang indah dan berwarna-warni, lengkap dengan sayap dan mahkota menyerupai kepala burung.
  2. Cerita kehidupan burung merak yang digambarkan melalui setiap gerakannya. Gerakan burung merak jantan dan betina pun berbeda. Burung merak jantan mempelihatkan keindahan bulu ekornya pasa saat menarik burung betina.
    Sponsors Link

  3. Tarian dilakukan berpasangan dan menceritakan tentang seekor burung merak yang ingin menarik perhatian burung merak betina.
  4. Musik pengiring tarian ini adalah iringan gendingdari lagu Macan Ucul.
  5. Bonang akan dipukul sampai terdengar keras pada setiap bagian gerakan yang menggambarkan sepasang merak sedang bermesraan.

Nah, meski tarian ini lahir dan besar di Jawa Barat, tetapi taran ini sudah terkenal hingga ke mancanegara, Loh! Hal tersebut juga yang sepertinya mendasari para mahasiswa di Denpasar serta seniman Bali lainnya untuk menciptakan tari Manuk Rawa yang memiliki konsep hampir sama dengan tari merak ini.

Itulah penjelasan mengenai Keunikan Merak yang pastinya bermanfaat bagi kalian semua. Keunikan tarian lain seperti keunikan tari saman, keunikan tari kecak dan keunikan tari piring dari minangkabau juga telah dibahasa sebelumnya. Semoga dengan mengetahui informasi yang diberikan kali ini dapat meningkatkan apresiasi kita dan dapat memetik manfaat belajar seni.

, ,
Oleh :
Kategori : Seni Tari