Sponsors Link

30 Lukisan Termahal di Dunia Sepanjang Sejarah

Melukis yang merupakan hobi yang banyak digeluti oleh sebagian banyak seniman, melukis selain sebagai hobi untuk mengekspresikan diri dari senimanya, juga dapat menjadi sarana untuk mengumpulkan materi yang bisa dibilang cukup atau bahkan sangat menjanjikan. Untuk seniman berkelas bahkan bisa menjual sebuah karya seni yang dibuatnya denga harga triliunan rupiah.

ads

Melukis yang adalah kegitan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat sebuah kesan tertentu. Media untuk menghasilkan lukisan sering kali diatas kanvas, akan tetapi pada saat sekarang ini media untuk melukis bisa berupa kertas, papan, dan bahkan film dan fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan, alat yang digunakan dalam melukispun tidak melulu diidentikan dengan sebuah kuas  akan tetapi dewasa ini bisa menggunakan apa saja asalkan dapat memberikan imajinasi tertentu sesuai dengan media yang digunakan.

Seiring dengan berkembangnya dunia seni lukis, sebuah karya seni lukis bukan hanya menjadi kepusaan tersendiri bagi pelukis dan penikmat lukisan akan tetapi menjadi sebuah gengsi tersendiri bagi orang-orang yang memang mencintai kesenian ini.  Lukisan-lukisan yang paling mahal didunia biasanya disimpan di galeri dan museum di negara Eropa dan Amerika Serikat. Lukisan-lukisan tersebut dianggap sangat berharga dan bisa membuat para penggemar seni menghabiskan jutaan dolar ketika lukisan tersebut dilelang.

Artikel terkait:

Beberapa lukisan yang dikategorikan sebagai lukisan termahal di dunia sering juga dianggap sebagai lukisan yang biasa dan mungkin bisa dibuat oleh anak sekolah dasar, tetapi harga yang ditawarkan bisa mencapai jutaan hanya karena dilukis oleh pelukis terkenal sekelas Vincent Van Gogh, Salvador Dali atau Pablo Picasso (baca: seni lukis ). Tidak heran jika dibanyak negara mulai menjamur para pencinta lukisan yang mau membayar mahal untuk sebuah karya yang disukainya.

Dan berikut ini adalah daftar lukisan-lukisan paling mahal di dunia, yang secara sadar diburu para kolektor lukisan dengan rela menghabiskan uang milyaran hingga triliunan rupiah hanya untuk membeli karya seni lukisan, beberapa lukisan bahkan tidak hanya dihsilkan oleh seniman lukis terkenal tetapi juga para pelukis biasa.

Sponsors Link

  1. No. 5 1948 ($162.700.000)

Lukisan No.5 1948 karya seniman Jayson Pollock

Lukisan ini adalah lukisan karya seniman Jayson Pollock yang jika dilihat sekilas seperti sebuah gambar peta buta yang dilintasi sebuah benang warna kuning yang dilukis secara acak yang dibuat pada tahun 1948.

Sekarang nilai dari lukisan karya Jayson Pollock sudah mencapai $162.700.000 sungguh sebuah nominal yang sangat mencengangkan untuk nilai dari sebuah lukisan, akan tetapi para kolektor lukisan mahal tidak segan segan mengeluarkan uang untuk membeli karya hasil lukisan Jayson Pollock ini.

2. Women III ($159.800.000) 

Lukisan Women III karya

Lukisan berjudul Women III adalah merupakan hasil karya yang dibuat oleh seniman yang menganut aliran lukisan abstrak ekspresionis willem de Kooning dan merupakan salah satu dari enam lukisan yang diselesaikan antara tahun 1951 dan 1953. Lukisan ini berhasil dijual dalam Tehram Museum of Contempory Art Collection pada tahun 2006.

Lukisan yang menggambarkan sosok seorang wanita dengan desain yang abstrak ini lalu kemudian dijualnya kepada Steven Cohen seharga $137.500.000 dan saat ini harga dari lukisan yang bertajuk wanita dengan desain abstrak bernilai seharga $159.800.000.

3. Potrait of Adele Bloch-Bauer I ($155.800.000) 

Lukisan denga Potrait Adele Bloch Baour I karya Gustav Klimt

Lukisan ini bertajuk warna kuning keemasan dengan objek seorang perempuan yang terlihat sedang duduk sendirian dengan raut mukanya yang entah menyiratkan apa. Lukisan karya Gustav Klimt denga Potrait Adele Bloch Baour sebagai objeknya.

Lukisan ini dianggap sebagai salah satu lukisan yang menjadi karya terbesarnya. Lukisan ini berhasil terjual dengan nilai $135.000.000 dalam lelang yang diselenggarakan di tahun 2006 dan dimenangkan oleh Ronald lauder di Ney York City, pada saat ini lukisan ini sudah seharga $155.800.000.

4. Potrait Of Dr. Gachet ($149.000.000) 

Lukisan Potrait Of Dr. Gachet karya Vincent Van Gogh

Lukisan yang merupakan karya dari seniman asal ngeri Belanda bernama Vincent Van Gogh dengan objek lukisan potrait dari Dr. Gachet. Karya ini berhasil diselesaikan oleh Van Gogh pada tahun 1890 di Auvers dan dilelang dengan harga $82.500.000. Pada saat ini karya seni ini sudah mencapai nilai $149.000.000.Harga lukisan $151.4 juta.

Begitu gandrungnya Saito pada lukisan ini, sehingga ia ingin dikremasi bersama lukisannya ini jika kelak ia mati. Saitomeninggal tahun 1996 namun lukisannya tetap aman, tak ikut dikremasi.

5. Dance at le moulin de la Galette ($141.000.000) 

Dance at le moulin de la Galette karya Pierre Auguste Renoir

lukisan yang menampilkan keramaian dari sebuah pesta dansa yang berlangsung di minggu sore di daerah la galette Moulin sebuah distrik di Montmatre paris. Lukisan ini  dihasilkan oleh seorang seniman asal Perancis yang bernama Pierre Auguste Renoir pada tahun 1876.

Dari hasil pengamatan beberapa orang harga dari lukisan tersebut diperkirakan bernilai $141.000.000. Pada saat ini lukisan Dance at le moulin de la Galette berada di museum Orsay, Paris Perancis. Lukisan ini memiliki dua versi besar dan kecil.

  1. Boy With a Pipe (USD 131.100.000)

Boy With a Pipe karya Pablo Picasso

 

Boy with a Pipe atau bisa diartikan seorang anak laki-laki dengan pipa adalah salah satu lukisan yang dihasilkan oleh Pablo Picasso. Lukisan ini menggambarkan seorang bocah laki-laki dengan baju berwarna biru yang sedang memegang sebuag pipa ditangan kirinya dan di kepalnya anak laki-laki tersebut memakai rangkaian bungan yang indah.

Lukisan ini dibuat diatas kanvas berukuran 39,32 inci atau 100 x 81,3 centi meter. Menurut informasi dari berbagai sumber lukisan ini terjual dengan harga USD 131,1 juta.

Artikel terkait: teknik dasar seni peran

  1. Three Studies Of Lucian Freud (USD 145.000.000)

Three Studies Of Lucian karya Freudkarya Francis Bacon

 

Lukisan karya Francis Bacon ini merupakan karya legendaris di tahun 1969. Pelukis yang merupakan asli dari tanah Inggris ini melukis potret freud yang digambarkan duduk diatas kursi dengan tiga engle yang berbeda-beda.pada tahun 2013 silam lukisan karya Francis Bacon terjual dengan nilai USD 145.000.000.

Artikel terkait: tarian tradisional Indonesia

  1. Le Reve (USD 158.500.000)

Le Reve karya Pablo Picasso

 

Lukisan yang mengantongi salah satu lukisan termahal didunia adalah lagi-lagi hasil karya Pablo Picasso yang dibuat pada tahun 1932. Lukisan ini menggambarkan tentang seorang wanita berkewarganegaraan Spanyol  dan berusia 22tahun.

Lukisan yang mengusung judul le reve ini dilukis diatas kanvas berukuran  51 x 38 inci atau 130 x 97 cm. Pada tahun 2013 karya ini terjual seharga USD 158.5juta.

  1. The Card Players (USD 274.000.000)

The Card Players karya Paul Cezanne

 

Lukisan ini dibuat oleh Paul Cezanne pada tahun 1980. Lukisan ini menggambarkan dua orang petani yang sedang merokok dan bermain kartu. Dulunya lukisan ini dimiliki oleh raja ekspedisi Yunani George Embiricos. Lukisan ini kemudian dibeli oleh kelurga kerajaan Qatar seharga USD 274juta. Pada awalnya ini adalah lukisan paling mahal sedunia sebelum dikalahkan oleh lukisan milik Paul Gauguin.

Harga lukisan $273 juta. Lukisan termahal di dunia ini diciptakan oleh pelukis asal Perancis bernama Paul Cezanne. Alasan yang paling utama kenapa lukisan ini dijual dengan harga yang sangat mahal karena detail halus dan intensitas warna yang bagus.

Lukisan ini merupakan lukisan terakhir dari 5 lukisan Cezanne yang sedang menggambarkan seorang pemain kartu. Pada tahun 2011, keluarga kerajaan Qatar membeli lukisan ini dalam sebuah lelang.

  1. Potrait of Joseph Roulin ($111.000.000)

Portrait of Joseph Roulin karya Vincent Van Gogh

 

Lukisan karya seniman lukis terkenal Vincent Van Gogh dengan potret Yusuf Roulin yang berhasil diselesaikan pada tahun 1889, Van Gogh senidiri merupkan seniman yang berhasil mengantongi pundi pundi uang yang sangat banyak untuk harga dari lukisan lukisanya.

Lukisan ini berhasil terjual pada Museum of Modern Art di New York City lebih dari $111.000.000 atau bisa dibilang terjual dua kali lipat dari harga aslinya yang mencapai $58.000.000.

Artikel terkait: jenis jenis seni lukis

  1. Massacre of the Innoncents ($99.700.000)

Lukisan Massacre of the Innoncents karya Peter Paul Ruben

 

Lukisan hasil karya seniman terkenal Peter Paul Ruben yang menggambarkan pembantaian dari innoncents Betlehem dalam kitab Matius dari kitab suci yang selesai pada tahun 1611. lukisan ini disamping dianggap memiliki nilai seni yang tinggi juga memiliki nilai historis karena menggambarkan tentang pembantaian dari innoncents Betlehem.

Lukisan ini berhasil terjual pada saat pegelaran lelang dan dilelang pada tanggal 10 juli 2002 di Sotheby London, dari keluarga Austria dijual kepada Kenneth Thomson dengan nilai jual seharga $99.700.000.

  1. Dora Maar with cat ($95.216.000)

Lukisan Dora Maar with cat karya Pablo Picasso

 

Lukisan yang juga dikenal dengan sebutan populer Dora Maar au Chatting, dilukis oleh seniman terkenal dan legendaris Pablo Picasso pada tahun 1941.Lukisan ini menggambarkan kekasih pelukis bernama Dora Maar yang duduk di kursi sambil memegang kucing bayi di bahunya. Lukisan tersebut berasi terjual seharga $95.216.000 pada tahun 2006.

Artikel terkait:

cabang seni rupa

15. Potrait of Vincent Van Gogh ($93.500.000)

lukisan Potrait of Vincent Van Gogh

 

Salah satu lukisan yang terkenal dari karya Vincent Van Gogh adalah lukisan yang memilliki nilai tinggi dari segi harga jual, sama halnya dengan lukisan potret pribadinya sendiri dari sang pelukis. lukisan ini sangat fenomenal karena selain memiliki nilai historis yang tinggi juga sangat unik karena bisa menghasilkan potret pribadi dari pelukisnya.

dari selusin potret diri yang dibuat oleh seniman lukis Vincent Van Gogh ini adalah satu-satunya yang berhasil selamat. Karya tersebut berhasil diselesaikan pada tahun 1886. Lukisan ini berhasil terjual dengan nilai $93.500.000.

Artikel terkait:

  1. Triptych 1976 ($85.500.000

lukisan Triptych 1976 karya Bacon

Lukisan hasil karya dari francis Bacon pada tahun 1976 ini diberi judul Tryptich 1976, tryptich sendiri adalah lukisan dengan pena minyak dan pastel kanvas yang dibagi menjadi tiga bagian masing-masing berukuran 78 x 58. Lukisan ini dilelang pada tanggal 14 mei 2008 di Sotheby London. Dan keluarga Moueix menjual lukisan ini ke Roma Abrahamovic dengan harga $85.500.000.

  1. Nude, Green Leaves and Bust ($106.500.000)

Nude, Green Leaves and Bust karya Pablo Picasso

 

Nu au Plateau de Sculpteur atau Nude, Green Leaves and Bust, laku terjual dengan harga 106,5 juta dolar di Christie di New York. Lukisan ini juga karya Pablo Picasso, yang awalnya dibuat pada tahun 1932 dan menampilkan Marie-Thrse Walter, wanita simpanan Picasso.

Pada tahun 2010, lukisan tersebut ditawarkan pada suatu lelang terbuka di New York dan akhirnya jatuh ke tangan kolektor yang namanya tak ingin diketahui oleh khalayak ramai dengan harga 106,5 juta dolar. Sehingga lukisan ini memecahkan rekor sebagai karya paling mahal yang pernah tercatat dilelang seni.

  1. The Scream ($120.000.000)

The Scream karya Edvard Munch

 

The Scream yang judul aslinya The Scream of Nature adalah sebuah lukisan ekspresionis oleh seniman Norwegia Edvard Munch yang menjadi sumber inspirasi bagi banyak pelukis lainnya dalam aliran ini. Lukisan ini dianggap oleh banyak orang sebagai karyanya yang paling penting.

Sebagian lagi mengatakan kalau lukisan ini melambangkan manusia modern yang tercekam oleh serangan angst (kecemasan eksistensial, dengan cakrawala yang diilhami oleh senja yang merah, yang dilihat setelah letusan Gunung Krakatau pada 1883. Lansekap di belakang adalah Oslofjord, yang dilihat dari bukit Ekeberg.

Kata skrik dalam bahasa Norwegia biasanya diterjemahkan menjadi “scream” (jeritan), namun kata ini juga mempunyai akar kata yang sama dengan kata bahasa Inggris shriek. Kadang-kadang lukisan ini disebut juga The Cry (“Tangisan”).

 

  1. les Femmes D’Alger ( U$$ 179.370.000)

les Femmes D’Alger karya Pablo Picasso

Lukisan hasil karya pablo Picasso ini seperti yang diberitakan CNN Money pad tanggal 13 mei 2015.  Lukisan karya Pablo Picasso terjual dengan harga US$ 179,37 juta di rumah lelang Christie’s, New York, Amerika Serikat.

Artikel terkait:

  1. Water Lily Pond ($79.700.000)

Water Lily Pond karya Claude Monet

 

Water Lily Pond atau sering juga disebut dengan judul Le Bassin aux Nympheas dilukis pada tahun 1919 oleh pelukis dengan aliran impresionis Perancis Claude Monet.

Tetepi lukisan tersebut hanya diletakan di blok lelang pada tanggal 4 juni 2008. Lukisan kanvas minyak tersebut dijual ke J. Irwin dan Xenia S. Miller di Sotheby New York dengan harga yang sangat tinggi yaitu sebesar $79.700.000.

Artikel terkait: jenis jenis seni lukis

  1. Curtain, jug and Fruitbowl ($77.400.000)

lukisan Curtain, jug and Fruitbowl karya Paul Ccezane

 

Curtain, jug and Fruitbowl adalah lukisan karya seniman bernama Paul Ccezane tahun 1894. Lukisan yang memperlihatkan gambaran dari bermacam-macam buah dan juga sebuah kendi minuman yang sangat legendaris ini dilelang pada 10 mei 1999 di Sotheby, new york City. Lukisan ini dijual oleh keluarga Whitney dengan harga $77.400.000 untuk pembeli yang tidak diketahui identitasnya.

Artikel terkait : cabang seni rupa

  1. White Center (Yellow, Pink and Lavender on Rose) ($72.800.000)

Lukisan White Center (Yellow, Pink and Lavender on Rose)

Harga asli dari lukisan berjudul White Center (Yellow, Pink and Lavender on Rose) ini adalah $72.800.000 (Mark Rotkho) dan kemudian dijual oleh David Rockfeller pada tahun 2007 kepada keluarga kerajaan Qatar, Sheikh hamad bin Khalifah At0Thani dengan harga

$74.900.000.

lukisan yang mengusung tiga bagian warna yang berbeda-beda seperti kuning, pink, dan lavender dalam satu frame warna lavender ini terlihat sangat artistik.

Artikel trekait:

  1. Vase With Fithteen Sunflowers ($74.500.000)

Vase With Fithteen Sunflowers karya Vincent Van Gogh

Lukisan yang menggambarkan karangan bunga matahari yang ditempatkan didalam sebuah vas, lukisan ini dibuat oleh seniman lukis asal Belanda Vincent Van Gogh pada tahun 1888. Lukisan ini merupakan lukisan kedua Van Gogh yang dibuat dengan bunga matahari sebagai objeknya.

Lukisan ini dijual oleh menantu perempuan dari Chester Beatty ke yasuo Goto pada tahun 1987 dengan harga $74.500.000, dua kali lipat dari harga aslinya yang senilai $39.000.000.

 

Artikel terkait:

  1. Green Car Crash (Green Burning Car I) ($73.700.000.)

lukisan Green Car Crash

Lukisan karya Andy Warhol pada tahun 1963, lukisan ini dijual pada tanggal 16 mei 2007 Philips Niarchos. Lukisan ini terjual pada lelang di Chistie, New York dengan harga $73.700.000.

Para kolektor lukisan memang masih sangat mengagumi karya karya yang unik dan juga tidak biasa, siap merogoh kocek yang dalam untuk mendapatkan karya lukisan yang empunyai nilai seni yang sangat tinggi.

Artikel terkait:

t

  1. Diana and Actaeon ($70.600.000)

lukisan Diana and Actaeon

 

Lukisan hasil karya dari Titian, master renaissance italia yang selesai antara tahun 1556-1559 dan secara luas dianggap sebagai karya terbesarnya. Lukisan ini menggambarkan sekumpulan orang yang diwakili oleh peranan Dewi Diana saat Bertemu dengan Acteon.

Lukisan tersebut menggambarkan ketika Dewi Diana bertemu denganActaeon. Pada tahun 2009, Duke of Suttherland memberikan lukisan ini ke galeri nasional Skoltandia dan Galeri Nasional di London. Nilai dari lukisan ini mencapai $70.600.000.

  1. Au Lapi Agile ($70.000.000)

Au Lapin Agile karya Pablo Picasso

 

Au Lapin Agile yang merupakan hasil karya seniman Pablo Picasso yang dilukis pada tahun 1989, lukisan ini dijual pada tahun 1989 oleh putri Joan Whitney Payson ke Walter H.

Annenberg dengan harga sebesar $70.000.000 di acara lelang yang berlangsung pada 27 november 1989 di Sotheby, New York.lukisan ini terjual dengan harga yang sangat mahala karena dinilai memiliki nilai seni yang sangat tinggi sehingga para pencinta lukisan sangat menginginkanya.

Artikel terkait: silat harimau minangkabau

  1. Acrobat and Young Harlequin

lukisan Acrobat and Young Harlequin

 

Lukisan yang dibandrol dengan harga asli senilai $38.500.000 hasil karya dari pablo Picasso ini berhasil terjual dengan harga $69.400.000 sungguh harga yang fantastis hanya untuk sebuah lukisan, akan tetapi para kolektor lukisan sangat kagum dengan karya ini.

Lukisan ini dibuat pada tahun 1905, dan pertama kalinya ditampilkan dalam aksi Cahsiers Individualistes De Philosophie di Princeton University pada tahun 1923, lukisan ini dijual oleh keluarga pewaris roger Janssen ke Miitsukoshi pada tahun 1988. Sungguh diluat dugaan lukisan yang memiliki objek dua orang dengan dua profesi yang berbeda terlihat sangat mengaumkan dan bernilai seni tinggi.

  1. A Wheatfield with Cypresses ($84.000.000)

A Wheatfield with Cypresses karya Vincent Van Gogh

Lukisan karya Vincent Van Gogh ini merupakan karya seninya yang diselesaikan pada tahun 1889 di rumah sakit jiwa di daerah Saint Paul De Maushole di Arles, Perancis. Pada tahun 1993, lukisan tersebut berhasil dijual oleh putra Emil George Buhrle ke Walter H Annberg  seharga $84.000.000.

Artikel terkait:

fungsi seni pertunjukan

  1. False Start ($84.600.000)

Lukisan False Start karya Jasper Johns

 

False Start adalah merupakan karya seni lukis yang dihasilkan oleh pelukis terkenal bernama Jasper Johns yang mengenakan penawaran pribadi melalui Richard Gray pada tanggal 12 oktober 2006.

Dijual oleh David Geffen ke Kenneth C. Griffin seharga $84.600.000, lebih tinggi dari harga aslinya yang Cuma senilai $80.000.000.

Lukisan ini terjual sangat mahal dikarenakan memiliki nilai seni yang sangat tinggi, dan sangat diburu oleh para kolektor lukisan karena sangat artistik.

  1. Salvator Mundi ($127.000.000)

lukisan Salvator Mundi karya Leonardo da Vinci

 

Lukisan ini berukuran 25,8 x 17,9 inci atau 45,4 x 65,6 cm. Karya seni karya Leonardo da Vinci  ini sempat hilang, lalu ditemukan dan dipugar ulang. Pada tahun 2011, lukisan ini kemudian dipamerkan.

Dua tahun kemudian, tepatnya pada Mei 2011, Dmitry Rybolovlev membelinya. Sang bisnisman asal Rusia itu memboyongnya dengan uang sebesar 127,5 juta dollar rupiah atau setara dengan 1,68 trilyun rupiah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 19th, January 2017 / 06:33 Oleh :
Kategori : Lukis