Sponsors Link

Tari Tirik dan Penjelasannya

Kalimantan selatan merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak destinasi wisata yang disuguhkan selain wisata alamnya kalimantan selatan juga terkenal dengan kulinernya. Namun tidak seru jika berkunjung ke kaliantan selatan jika anda tidak mengetahui tarian tradisional Indonesia yang ada di daerah tersebut.

ads

Kalimantan selatan kaya akan kesenian salah satunya adalah seni tari, misalnya yang terkenal kebudayaan suku banjar di kalimantan selatan, kali ini yang akan kita bahas adalah salah satu seni tari yang berasal dari sana yaitu tari tirik. Nama tarian ini sendiri diambil dari daerah asalanya yaitu Tirik, tirik merupakan salah satu nama desa di kecamatan Tapin Tengah, kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan Indonesia.

Histori

Tari ini merupakan awal atau inspirasi terbentuknya tari tirik lalan, yang tercipta seiring berkembangnya zaman. Tarian ini mengadaptasi dari kehidupan keseharian masyarakat sekitar yaitu dari keseharian sepasang suami istri. Tari tirik ini merupakan salah satu tarian yang digunakan sebagai sarana hiburan. Sebuah tarian yang menceeritakan tantang keromantisan seorang suami kepada sang istrinya.

Pada awal ceritanya ada sepasang suami istri yang menjalani kehidupan sehari hari dengan keadaan atau kodisi sosial yang sangat sederhana. Lalu sang suami berniat untuk mengadu nasib pergi merantau ke pulau jawa dengan tujuan agar mendapatkan kehidupan yang lebih layak, namun sang istri rupanya tidak merestui kepergian sang suami untuk merantau kepulau seberang.

Tapi yang namanya seorang lelaki pasti ada saja cara untuk mendapatkan apa yang dia inginkan seperti suami tersebut dia membujuk dan merayu sang istri agar diberikannya restu untuk pergi merantau. Kemudian sang istri tampak begitu sedih karena akan ditinggal oleh sang pujaan hati entah berapa lama waktunya, namun dengan penjelasan dan memberi pengertian oleh sang suami akhirnya sang istri memberinya restu.

Pertunjukan

Seni tari ini ditampilkan atau dipertunjukan untuk menyambut tamu penting, ditampilkan pada acara hiburan dalam rangka memperingati hari hari kebesaran setempat maupun kebangsaan atau juga dapat ditarikan dalam perayaan perayaan lainnya.

Pemain

Tarian ini biasanya ditarikan oleh sekelompok wanita yang biasanya terdiri dari 3 sampai 5 orang wanita bahkan bisa lebih. Di dalam menarikan tarian ini para penari menggunakan kostum atau pakaian adata khas daerah setempat yang sangat ciamik. Dan dilengkapi pula dengan mahkota dikepala mereka yang terdapat beberapa helai bulu dan bermotif yang sangat bagus.

Properti dan Busana

Tidak hanya pakainnya saja yang bagus para penari ini biasanya juga menggunakan properti untuk menari sebagai sarana untuk memperhidup tarian. Properti yang biasa digunakan untuk menari adalah seikat bulu yang sangat kaya akan warna. Di dalam menarikan tarian ini tata tempat atau panggung yang digunakan untuk pementasan tidak ditentukan.

Iringan Musik

Dalam mempertunjukan tarian ini juga akan diiringi oleh sekelmpok orang pemusik yang terdiri dari beberapa orang yang masing masing pemusik memainkan alat musik tradisional, dan dimainkan secara berirama agar mendapatkan suara yang bagus dan fungsi dari iringan musik ini sendiri berfungsi untuk memperhidup tarian selainitu juga bisa berfungsi sebagai penegas gerak sang penari.

Uniknya dalam tarian ini dilakukan semuanya oleh penari wanita selain itu pemain musik yang mengiringi tarian ini semua alat musik juga dimainkan oleh wanita semuanya. Namun selain keunikan yang yang dimiliki, tarian ini juga kini sudah jarang terlihat lagi dipertunjukan karena sudah sedikit orang yang melestarikannya,

Sponsors Link

kita sebagai generasi muda penerus bangsa wajib mempelajari dan melestarikannya agar anak dan cucu kita nanti masih bisa menikmati berjuta kesenian tradisional yang asli dimiliki dan berasal dari beberapa daerah yang ada di Indonesia.

Demikian artikel yang kita bahas kali ini mengenai tari tirik dan penjelasannya, semoga dapat menambah wawasan kita dan juga dapat berguna bagi kita semua. Terima kasih atas waktunya karena sudah menyisihkan sedikit untuk membaca artikel ini.

, , , , ,




Oleh :
Kategori : Seni Tari
Search

Artikel Terbaru

Recent